Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Raja Ampat Miliki Tiga Jenis Pohon Endemik

Jumat 24 Jan 2020 20:01 WIB

Red: Agung Sasongko

Raja Ampat

Raja Ampat

Foto: Google
Hasil penelitian ada beberapa pohon yang hanya tumbuh di Kabupaten Raja Ampat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kabupaten Raja Ampat memiliki tiga jenis pohon endemik yang tidak ada di belahan dunia lain.

Baca Juga

Botanist Fauna dan Flora International (FFI) Program Raja Ampat Koordinator Global Tree Campaign, Yanuar Ishaq mengatakan berdasarkan hasil penelitian ada beberapa pohon yang hanya tumbuh di Kabupaten Raja Ampat tidak ada di belahan dunia lain.

Ia mengatakan, pohon endemik Raja Ampat pertama yakni Alstonia beatricis yang biasa disebut masyarakat kayu susu. Pohon endemik tersebut dijumpai di Waigeo Raja Ampat dengan diameter sekitar 30 dan tingginya mencapai 12 meter.

Alstonia beatricis adalah pohon yang memiliki getah putih hidup di tanah kapur dengan penyebaran sekitar 100 dari permukaan laut. Belum diketahui manfaat pohon ini endemik tersebut.

Ia menyampaikan, Calophylum parvifolium juga merupakan pohon endemik kabupaten Raja Ampat yang penyebarannya sampai 500 meter dari permukaan laut.

Dikatakan bahwa pohon bergetah putih tersebut diameternya 80-100 dengan tinggi sampai 40 meter. Pohon ini ditemukan kawasan Waigeo timur kabupaten Raja Ampat.

Selain itu, pohon palem Raja Ampat atau Wallaceodoxa Raja Ampat yang tingginya mencapai 40 meter dengan diameter 15-20. Pohon palem tersebut memiliki kelopak merah yang membedakannya dengan pohon palem lainnya.

"Pohon palem endemik Kabupaten Raja Ampat tersebut ditemukan di Pulau Waigeo dan Pulau Gak. Berdasarkan data beberapa penelitian masih ada beberapa pohon endemik Raja Ampat namun FFI belum menemukan dan melakukan foto," tambah dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA