Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Sempat Dipadamkan, Listrik Terdampak Banjir Kembali Normal

Jumat 24 Jan 2020 18:51 WIB

Red: Agus Yulianto

Banjir di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan

Banjir di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati saat kembali turun hujan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - -  Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak pagi membuat genangan di beberapa wilayah. PLN pun terpaksa memadamkan aliran listrik di wilayah tersebut untuk keselamatan masyarakat. Namun, pukul 16.45 WIB kelistrikan di seluruh wilayah terdampak akibat genangan air telah kembali normal.

photo
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad (kiri berkacamata hitam) tengah meninjau daerah terdampak banjir beberapa waktu lalu.

"Akibat hujan sejak pagi, PLN terpaksa memadamkan 42 gardu listrik hari ini untuk keamanan masyarakat agar tidak tersengat aliran listrik. Tapi sekarang sudah normal semua, tidak ada yang padam," ujar Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id , Jumat (24/1).

Ikhsan menghimbau, agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati jika hujan kembali turun. Informasi lebih lanjut terkait kelistrikan bisa menghubungi Contact Center 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile.

PLN Terpaksa Padamkan 42 Gardu 

Sebelumnya, demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya tersengat arus listrik, pada pukul14.00 WIB sebanyak 42 Gardu Distribusi di Jakarta dan sekitarnya terpaksa dipadamkan karena banjir. Wilayah yang terdampak di antaranya yaitu:

PT.Label Prakarsa,Hotel Jayakarta,Panin Bank,Jl.Batu Tulis dsk, Jl. Kepu Utara Dsk,  Jl cempaka putih barat dsk, Jl. Cempaka putih barat dsk, Jl. Cempaka putih tengah dsk.Jl. Cempaka putih tengah Dsk, Villa Gading indah, dsk.Jl. Kapuk Kamal Pergudangan Eco Park. Jl. Kamal Indah (Pertigaan Benda Raya-Tegal Alur). 

Himbauan kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air :

1. Matikan listrik dari Miniature Curcuit Breaker (MCB)

2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman

4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat dan meminta untuk dipadamkan

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jarungan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

“Pemadaman ini terpaksa kami lakukan demi keselamatan warga, dan kembali dinyalakan ketika kondisi benar-benar dalam keadaan aman bagi warga," ungkap Tris Yanuarsyah. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA