Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Ini Langkah Awal Sebelum Mulai Bisnis, Jangan Sampai Ada yang Terlewat Ya!

Sabtu 25 Jan 2020 18:12 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ini Langkah Awal Sebelum Mulai Bisnis, Jangan Sampai Ada yang Terlewat Ya!. (FOTO: Unsplash/Adeolu Eletu)

Ini Langkah Awal Sebelum Mulai Bisnis, Jangan Sampai Ada yang Terlewat Ya!. (FOTO: Unsplash/Adeolu Eletu)

Ini Langkah Awal Sebelum Mulai Bisnis, Jangan Sampai Ada yang Terlewat Ya!

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Seringkali bisnis kecil-kecilan dianggap sebagai ‘sampingan’ dari pendapatan utama yang notebene nya adalah pegawai. Padahal sudah berapa banyak bukti para pengusaha sukses berkat bisnis mereka yang besar. Karena itulah jangan sampai salah langkah.

Sebelum memulai sebuah bisnis, seharusnya para penggiat usaha melakukan hal-hal ini terlebih dahulu. Karena bisnis adalah hal besar yang bisa dilakukan oleh seseorang. Jangan sampai karena menyepelekan dan menganggap hanya sekedar ‘sampingan’ membuat kamu rugi besar.

Apa aja sih yang harus dilakukan? Simak di sini!

1. Lakukan riset

Ide bisnis biasanya sudah dipikirkan oleh orang-orang yang hendak memulai bisnis. Namun supaya seimbang dan sejalan, terjun saja dulu ke lapangan untuk melihat apakah ide tersebut akan berhasil.

Apakah perlu menjalankan bisnis melalui proses validasi sebelum pada akhirnya melangkah jauh? Agar bisnismu sukses maka ide bisnis juga harus bisa memenuhi kebutuhan pasar dan bagaimana situasi pasar.

2. Buat Rencana Bisnis

Bisnis tak bisa dilakukan secara spontan. Harus memiliki rencana terlebih dahulu meski mungkin kedepannya akan ada hal-hal tak sesuai rencana yang membuatmu harus berimprovisasi. Namun, rencana bisnis tetap diperlukan.

Rencana bisnis sendiri adalah hal yang akan menuntunmu dari tahap awal sampai membentuk pertumbuhan bisnis yang harus dimiliki semua pebisnis baru. Apalagi kalau kamu mencari bantuan dari investor, maka kamu harus membuat rencana bisnis dulu.

3. Buat Rencana Keuangan

Bisnis kecil ataupun besar tetap diperlukan modal awal yang membutuhkan uang sebelum akhirnya bisa menghasilkan laba. Karena itu buatlah pengeluaran kasar yang sekiranya penting dan dibutuhkan di kemudian hari. Seperti kebutuhan sewa, iklan, produksi, gaji, listrik dan lainnya.

Adapun tujuannya yakni untuk bekerja melalui opsi dan membuat rencana untuk menyiapkan modal yang jadi kebutuhan untuk memulai bisnis.

4. Siapkan tim

Kamu tak bisa menjadi one man show. Kamu tetap makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Saat inilah yang paling tepat untuk menyiapkan tim bisnismu seperti partner atau karyawan. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk menguraikan posisi yang perlu diisi, dan tanggung jawab pekerjaan yang merupakan bagian dari setiap posisi.

Itulah langkah awal yang sederhana namun memiliki imbas yang besar dalam kehidupan bisnismu kedepannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA