Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Fenomena Hotel Murah di Marketplace Bikin Hotel Melati Gigit Jari

Kamis 23 Jan 2020 05:05 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Fenomena Hotel Murah di Marketplace Bikin Hotel Melati Gigit Jari. (FOTO: OYO Hotels)

Fenomena Hotel Murah di Marketplace Bikin Hotel Melati Gigit Jari. (FOTO: OYO Hotels)

Seharusnya ada aturan tegas soal hunian atau kos-kosan yang bisa dijadikan penginapan

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Zaman yang semakin canggih membuat banyak pengusaha perhotelan non bintang lama mengeluhkan turunnya okupansi kamar mereka dalam beberapa tahun kebelakang. Hal ini lantaran maraknya hal baru mengenai penginapan murah berbasis marketplace.

Ketua Perhimpunan Hotel Non Bintang (PHNB) Sutrisno Iwantono mengatakan, banyak anggotanya yang mengeluhkan soal sepinya pengunjung setelah semakin masif adanya penginapan berbasis aplikasi daring.

Hal ini membuat pengusaha hotel non bintang alias hotel melati kelabakan mengenai nasib mereka. Ia menuturkan seharusnya ada aturan tegas mengenai hunian atau kos-kosan yang bisa dijadikan penginapan.

Saat ini tengah ramai penggunaan OYO atau Red Doorz yang menjadi platform dengan menawarkan jasa sewa penginapan hanya dengan bujet terjangkau. Tren ini pun membuat bisnis penginapan murah berbasis aplikasi ini tumbuh subur. Di tambah promo dan harga yang miring, siapa yang akan menolak?

Kemunculan bisnis penginapan melalui marketplace ini pun sangat pas di era sosial media karena mereka memasarkan melalui sosial media.

Sebelum kemunculan OYO dan Red Doorz, pemain aplikator penginapan lain yang sudah lebih dulu eksis seperti Airbnb dan Airy.

Sementara OYO yang berasal dari India ini berkembang cukup pesat di Indonesia. Dengan mengadopsi model manchise (management and franchise) seperti pada bisnis waralaba, manajemen hotel pun dikelola sesuai dengan standar yang telah ditetapkan OYO.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA