Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Anak Pendiri Huawei Terus Lawan Tudingan Amerika dan Kanada, Ogah Diadili Amerika!

Kamis 23 Jan 2020 02:02 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Anak Pendiri Huawei Terus Lawan Tudingan Amerika dan Kanada, Ogah Diadili Amerika!. (FOTO: Handout/Via South China Morning Post)

Anak Pendiri Huawei Terus Lawan Tudingan Amerika dan Kanada, Ogah Diadili Amerika!. (FOTO: Handout/Via South China Morning Post)

Pengacara Meng bersikukuh kliennya tak melanggar hukum apapun di Kanada.

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Chief Financial Officer Huawei, wartaekonomi.co.id/tag26236/meng-wanzhou.html">Meng Wanzhou kembali ke pengadilan di Vancouver untuk melakukan pembelaan. Dalam persidangan teranyarnya, pengacara Meng bersikukuh kliennya tak melanggar hukum apapun di Kanada.

Dengan pembelaan itu, ia meminta agar sang penerus tahta Huawei Meng Wazhou tidak diekstradisi ke Amerika Serikat karena pelanggaran hukum.

"Inti dari kasus ini (kasus Meng) adalah kriminalitas ganda, karena itu Pemerintah China meminta Kanada untuk membebaskan Meng," kata tim hukum Meng, dikutip dari Reuters, Rabu (22/1/2020).

Baca Juga: Penerus Tahta Huawei VS Kanada Terus Jalan, Kali Ini Siapa Unggul?

Sebelumnya, Meng ditangkap karena Amerika Serikat menuding Meng memberikan informasi palsu soal bisnis Huawei di Iran kepada Bank HSBC. AS pun meminta pihak Kanada menahan anak dari Ren Zhengfei itu. 

Untuk membuktikan kalau kasus terjadap HSBC penipuan atau tidak, Pengacara Eric Gottardi berujar, "tidak (bukan penipuan). Bank tak akan menghadapi risiko pertanggungjawaban hukum di Kanada, tak ada konsekuensi hukum legal terhadap bank yang terkait dengan Iran melakukan transaksi dolar. Mereka adalah korban tak bersalah."

Proses pengadilan menunjukkan, AS mengeluarkan surat perintah penangkapan yang ditindaklanjuti oleh Kanada pada Desember 2018 karena Meng dianggap melanggar sanksi AS dengan menutupi upaya perusahaan afiliasi Huawei yang menjual peralatan ke Iran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA