Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Pemohon KIA di Purwakarta Membeludak

Kamis 23 Jan 2020 01:17 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Christiyaningsih

Warga menunjukan Kartu Identitas Anak (KIA).  Permohonan pembuatan KIA di Kabupaten Purwakarta melonjak. Ilustrasi.

Warga menunjukan Kartu Identitas Anak (KIA). Permohonan pembuatan KIA di Kabupaten Purwakarta melonjak. Ilustrasi.

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Permohonan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Purwakarta melonjak

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Permohonan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Purwakarta melonjak signifikan. Setiap hari kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Purwakarta dibanjiri warga yang ingin membuat KIA.

Kepala Disdukcapil Purwakarta Sulaiman Wilman mengatakan kantornya setiap hari membuka 250 tiket pelayanan pembuatan KIA. Setiap harinya kuota ini selalu habis.

“Purwakarta baru mulai 2019. Kita uji coba Februari tapi kita belum dapat mencetak banyak," katanya, Rabu (22/1).

Menurutnya, membludaknya pembuatan KIA terjadi sejak libur sekolah beberapa waktu lalu hingga saat ini. Orang tua membawa anak–anaknya ke Disdukcapil untuk perekaman, pemotretan, sekaligus pencetakan kartu. Hingga hari ini jumlah KIA yang telah dicetak Disdukcapil mencapai lima ribu lembar dari data eksisting 300 ribu anak usia di bawah 17 tahun.

"Alhamdulillah sampai 21 Januari sudah dikisaran lima ribu KIA yang sudah kita terbitkan. Data eksisting yang harus dicetak 300 ribuan tapi kita punya kebijakan hanya anak sekolah SD saja atau usia 5 tahun ke atas plus sampai usia di bawah wajib KTP yaitu 15 tahun. Kenapa demikian, karena kalau 0 tahun fungsi KIA belum terasa," tuturnya.

Dia mencontohkan pentingnya KIA bagi anak. "Misalnya mau naik pesawat kan dimintai KTP. Nah anak–anak ini nanti tinggal memperlihatkan KIA itu sudah bisa masuk,” ujar Sulaiman.

Ke depannya diharapkan sekolah–sekolah dapat memanfaatkan KIA sehingga kewajiban dan hak anak dapat dipenuhi secara maksimal dengan adanya KIA ini. Rencananya Disdukcapil Purwakarta akan melakukan percepatan layanan pencetakan KIA dengan mengunjungi sekolah. Untuk jadwal awal akan dibuka layanan KIA di SMP Pasawahan dan pada lokasi tertentu.

"Kita sudah lapor ke Ibu Bupati, nanti di Mall MPP (Pasar Jumaah) ada dan layanan mobile ke sekolah–sekolah," tuturnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA