Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

In Picture: Layanan Perbaikan Arsip Keluarga ANRI Pascabanjir (1)

Rabu 22 Jan 2020 10:46 WIB

Rep: Prayogi / Red: Yogi Ardhi

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir awal Januari lalu mengakibatkan wilayah di Jakarta tidak hanya korban jiwa. Namun banjir juga mengakibatkan kerugian tak terkecuali dengan arsip penting keluarga atau surat berharga lainnya.

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan layanan gratis perbaikan arsip keluarga. Tim Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) ANRI merestorasi arsip seperti ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, akte perkawinan, KTP, sertifikat tanah, yang rusak akibat banjir. Layanan ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat tercatat sudah ratusan orang yang datang untuk memperbaiki arsipnya.

Secara umum ada tingkatan kerusakan, dari yang mampu diperbaiki hingga tidak dapat diperbaiki sama sekali. Jika sudah mengalami kondisi kerusakan berat, Tim Laraska akan mengembalikan arsip tersebut kepada pemilik dan menyarankan untuk segera mengubungi institusi yang mengeluarkan arsip tersebut.

Arsip keluarga yang sudah diterima tim selanjutnya dipisahkan. Jika arsip basah, maka dilakukan tahap pengeringan dengan cara diangin-anginkan selama semalam atau lebih. Jika kondisi arsip masih lembab maka dilakukan pemanasan bisa dengan hairdryer atau setrika.

 

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA