Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Majelis Taklim di Indramayu Bantu Entaskan Kemiskinan

Selasa 21 Jan 2020 21:08 WIB

Red: Agung Sasongko

Suasana sebuah majelis taklim.

Suasana sebuah majelis taklim.

Foto: Uttiek M Panji Astuti
Setiap majelis taklim menyalurkan dana zakat untuk modal usaha kepada keluarga miskin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memberdayakan 414 majelis taklim untuk mengentaskan kemiskinan. 

"Sejak tahun 2016 sampai dengan 2019 kami telah bekerja sama dengan 414 majelis taklim yang tersebar di Kabupaten Indramayu untuk penyaluran, pengumpulan zakat maal dan infaq," kata Ketua Baznas Kabupaten Indramayu Moh. Mudor di Indramayu, Selasa (21/1).

Mudor mengatakan pada tahun 2018 dan 2019 setiap majelis taklim menyalurkan dana zakat untuk modal usaha kepada 18 keluarga miskin masing-masing sebesar Rp300.000 dengan total per majelis taklim sebesar Rp5.400.000.

Kemudian setiap keluarga miskin yang mendapatkan bantuan modal usaha berkewajiban mengikuti kegiatan majelis taklim dan mengangsur pengembalian modal usaha serta membayar infaq kepada majelis taklim dengan besaran sesuai kesepakatan.

"Apabila sudah lunas maka majelis taklim berkewajiban memberi lagi bantuan modal usaha kepada keluarga miskin itu," ujarnya.

Selain menjadi berhimpunnya keluarga miskin yang memiliki usaha, inovasi lainnya majelis taklim juga menjadi unit pengumpul zakat (UPZ) baik zakat maal maupun infaq.

Sementara Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, pemberian modal usaha bagi keluarga kurang mampu melalui majelis taklim ini diharapkan menjadi pemicu bagi anggotanya untuk terus mengembangkan usaha yang tengah digelutinya.

Bantuan ini bisa menjadi modal produktif sehingga masyarakat kurang mampu menjadi lebih berdaya dan mampu mengembangkan usahanya secara bertahap dengan bimbingan majelis taklim.

"Selain untuk syiar keagamaan, majelis taklim juga menjadi wadah bagi anggota yang kurang mampu untuk mengembangkan usahanya dan menjadi lebih berdaya," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB