Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Sulsel Miliki Potensi Budi Daya Udang Windu

Rabu 22 Jan 2020 01:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Udang windu

Udang windu

Foto: ANTARA/Dhedez Anggara
Kabupaten Pinrang memiliki potensi budidaya udang windu yang besar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan optimistis dapat memproduksi hingga 12 juta ekor udang windu pada musim panen tahun ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Sulkaf S Latief, mengatakan pada 2019 telah memproduksi sebanyak 10 juta ekor udang windu dari sejumlah daerah di Sulsel seperti di Kabupaten Pinrang, Maros, Bulukumba hingga Kabupaten Barru.

"Untuk tahun ini kita targetkan hasil panen udang windu bisa mencapai antara 11 juta hingga 12 juta ekor udang windu," katanya.

Ia menjelaskan, DKP Sulsel telah melakukan berbagai upaya dalam mencapai target tersebut, termasuk memperkuat kinerja Unit Pelaksana Teknis Perikanan Budidaya Air Payau Laut di berbagai daerah.

Apalagi beberapa daerah seperti Kabupaten Pinrang memiliki potensi budidaya udang windu yang besar yang mencapai hingga 15.026,20 hektare.

"Kita optimistis jumlah produksi bisa lebih tinggi dari tahun kemarin," ujarnya.

Pada Desember tahun lalu, Pemprov Sulsel telah memanen hingga 500 ribu ekor udang windu. Dan ini akan terus berlanjut dengan potensi yang dimiliki daerah tersebut.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman awal tahun ini melakukan kunjungan di Unit Pelaksana Teknis Perikanan Budidaya Air Payau Laut, Dinas Kelautan Dan Perikanan Sulsel, di Kabupaten Barru.

Wagub melihat secara langsung bangsal chanos-chanos yang menjadi tempat penyimpanan benur yang diperkirakan berisi 500.000 benur di lokasi tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA