Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Ini Rahasia Bill Gates Tetap Tajir Melintir Meski Pensiun 20 Tahun Lalu

Rabu 22 Jan 2020 10:18 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ini Rahasia Bill Gates Tetap Tajir Melintir Meski Pensiun 20 Tahun Lalu. (FOTO: Reuters.)

Ini Rahasia Bill Gates Tetap Tajir Melintir Meski Pensiun 20 Tahun Lalu. (FOTO: Reuters.)

Perusahaannya menjadi perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Miliarder dunia, Bill Gates diketahui tetap kaya meski sudah pensiun 20 tahun lalu. Bagaimana bisa? Bahkan kekayaannya lebih dari 114 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.561 triliun. Kekayaan milik pendiri Microsoft ini seolah tak pernah turun.

Sebelum pensiun, Bill Gates menjabat sebagai CEO Microsoft yakni perusahaan yang ia dirikan bersama Paul Allen pada tahun 1975. Hingga saat ini, perusahaannya menjadi perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Seperti dilansir Newsweek, pada 2017, Gates menyumbang 64 juta saham Microsoftnya, senilai sekitar 4,6 miliar dollar AS, yang mengurangi kepemilikannya menjadi tinggal 1 persen di Microsoft. Bill Gates juga telah menyumbang uangnya ke badan amal filantropis yang ia jalankan dengan istrinya yakni Yayasan Bill & Melinda Gates sebagai yayasan yang membantu memberantas penyakit dan meningkatkan perawatan kesehatan di negara-negara berkembang.

Meski sudah menyumbang kekayaannya dalam jumlah yang sangat besar, namun Gates tetap menduduki posisi sebagai orang terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos, pendiri Amazon. Hal itulah yang akhirnya menimbulkan pertanyaan.

Dilansir dari Business Insider, sisa saham Gates di Microsoft tinggal 1 persen namun nilainya mencapai sekitar 7 miliar dollar AS atau setara Rp 95 triliun. Sementara Yayasan Bill & Melinda Gates memiliki aset lebih dari 40 miliar dollar AS atau setara Rp 548 triliun. Surat kabar Financial Times (FT) menyebut, Gates memiliki entitas bernama Cascade Investment untuk mengelola kekayaan pribadinya.

Melalui Cascade, Gates memiliki 47 persen saham di jaringan hotel Four Seasons dan memiliki saham di kelompok Berkshire Hathaway, yang dimiliki oleh Warren Buffett. Bloomberg Billionaires Index merilis, saat ini Gates memiliki kekayaan sebesar 114 miliar dollar AS.

Sementara Forbes melansir kekayaan bersih Gates mencapai 109,1 miliar dollar AS. Gates juga memiliki aset properti dan real estate bernilai ratusan juta dolar AS. Rumah pribadinya yang dijuluki Xanadu 2.0 ini, merefer film Orson Welles Citizen Kane, bernilai lebih dari 120 juta dollar AS dan memiliki jet pribadi senilai sekitar 40 juta dollar AS. Gates juga memiliki sebuah pulau di Belize senilai sekitar 25 juta dollar Amerika.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA