Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sapi Milik Warga di Agam Diterkam Harimau Sumatra

Selasa 21 Jan 2020 17:09 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Harimau Sumatra

Harimau Sumatra

BKSDA menemukan ada jejak Harimau di sekitar lokasi penyerangan sapi warga

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM - Satu ekor sapi milik warga di di Kampung Melayu, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dilaporkan mati setelah kena terkam oleh satwa liar jenis Harimau Sumatera pada Senin (20/1) kemarin. Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Agam, Ade Putra membenarkan informasi tersebut. Setelah menurunkan tim ke lokasi. BKSDA menemukan ada jejak Harimau di sekitar lokasi penyerangan terhadap sapi tersebut.

"Hewan yang diserang adalah sapi betina milik Wir (50). Sapi mengalami luka robek pada tubuh," kata Ade, Selasa (21/1).

Ade menyebut, bila dilihat dari lokasi kejadian, Harimau Sumatera sampai masuk ke lahan tak jauh dari pemukiman warga karena ada alih fungsi lahan. Sehingga habitat tempat hidup harimau semakin sempit. Jadinya harimau nekat turun tak jauh dekat pemukiman warga buat mencari makan.

Ade menambahkan dugaan lain BKSDA yakni harimau sampai ke dekat pemukiman warga karena terdesak akibat adanya aktivitas perburuan ilegal. Sekarang BKSDA kata Ade sedang melakukan identifikasi lapangan. BKSDA juga memasang kamera trap buat mengetahui keberadaan Harimau Sumatera tersebut.

"Kemudian kita juga akan melakukan patroli dan pengusiran di sekitar lokasi," ucap Ade.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA