Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Mahfud MD: Omnibus Law RUU Cilaka Bukan untuk Investasi

Senin 20 Jan 2020 23:30 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nur Aini

Buruh menggelar aksi unjuk rasa menentang omnibus law cipta lapangan kerja di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/1).

Buruh menggelar aksi unjuk rasa menentang omnibus law cipta lapangan kerja di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/1).

Foto: Republika/Prayogi
Omnibus Law RUU Cilaka dinilai bertujuan untuk mempermudah perizinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengatakan, Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Cilaka) bukan untuk keperluan investasi. Menurut dia, Omnibus Law Cilaka dibentuk agar lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia semakin terbuka lebar.

Baca Juga

"Harus dipahami dulu secara lengkap bahwa omnibus law itu (Cilaka) bukan omnibus untuk investasi," kata Mahfud di kantornya, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/1).

Ia menjelaskan, Omnibus Law Cilaka dimaksudkan agar lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia semakin terbuka lebar. Salah satu cara membuka lapangan kerja tersebut ialah dengan mempermudah atau menyederhanakan perizinan investasi.

"Dan investasi itu bukan hanya investasi asing. Investasi dalam negeri pun selama ini sering terkendala oleh perizinan karena banyaknya peraturan perundang-undangan yang tumpang tindih. Makanya dibuat omnisbus law untuk mempermudah perizinan," kata dia.

Menurut dia, dalam Omnibus Law Cilaka yang lebih ditekankan adalah penciptaan lapangan kerja yang terhambat perizinan investasi. Ia juga mengatakan, jika terdapat hal-hal yang dianggap merugikan para buruh, seperti soal pengupahan, maka sebaiknya disampaikan di dalam proses pembahasan di DPR. Proses tersebut sudah diagendakan dan akan lekas dimulai.

"Sampaikan saja ke DPR nanti. Kalau sejauh yang saya ikut justru buruh diutamakan di situ. Tapi coba di bagian mana yang dirugikan, sampaikan ke DPR, sampaikan juga ke saya nanti saya salurkan," tuturnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA