Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Sambut Imlek, Rupang Klenteng Petak Sembilan Dibersihkan

Selasa 21 Jan 2020 02:00 WIB

Red: Indira Rezkisari

Klenteng di kawasan Petak Sembilan

Klenteng di kawasan Petak Sembilan

Foto: REPUBLIKA/Aprilia
Pembersihan di Klenteng Petak Sembilan menggunakan ritual khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Klenteng Petak Sembilan, Glodok Jakarta Barat menyucikan rupang (patung) Dewi Kwan Im. Penyucian patung dan sejumlah ibadah dalam rangka menyambut Imlek pada 25 Januari 2020.

Penyucian rupang-rupang di Klenteng Petak Sembilan menggunakan ritual khusus yang dilakukan beberapa pengurus klenteng. Yaitu dengan air bunga, wewangian dan Daun Cao Ma dalam baskom merah.

"Jadi kalau kita saat malam imlek Dewa itu kembali ke langit, jadi saat kembali ke langit semuanya harus sudah bersih," kata Pengurus Klenteng Petak Sembilan Lucas Tjang di Jakarta, Senin (20/1).

Rupang-rupang Klenteng Petak Sembilan mulai dibersihkan dari pagi. Beberapa pengurus klenteng memanjatkan doa di depan kesembilan baskom tersebut.

Setelah ritual berdoa, handuk direndamkan ke dalam baskom berisi air kembang, kemudian digunakan untuk membersihkan rupang-rupang klenteng.

Terutama untuk memandikan rupang Dewi Kwam Im, pengurus klenteng berhati-hati dalam mengganti pakaian warna perak ke emas demi menyambut tahun Tikus Emas.

Prosesi pembersihan rupang dilakukan sepekan sebelum imlek dimulai. Selain membersihkan rupang-rupang yang ada di Klenteng, pihak Klenteng juga sibuk membersihkan pernak-pernik yang ada di klenteng tersebut.

"Jadi kita sudah mulai rapih-rapih semua yang ada di klenteng karena nanti sedari tanggal 24 (Januari) umat sudah berbondong-bondong untuk ibadah," kata Lucas.


Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA