Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020

Tebing Longsor di Sukabumi Ancam Dua Rumah Warga

Senin 20 Jan 2020 22:35 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Rumah warga rusak diterjang longsor  (ilustrasi)

Rumah warga rusak diterjang longsor (ilustrasi)

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Tebing di dekat rumah warga longsor akibat derasnya hujan.

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI--Bencana longsor mengancam dua unit rumah warga di RT 03 RW 06 Jalan Kabandungan Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Senin (20/1) sore. Hal ini terjadi karena tebing di dekat rumah warga longsor akibat derasnya hujan.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, rumah yang terancam longsor adalah rumah kontrakan dan rumah tinggal pribadi yang berada di Selabatu. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

'' Ada dua unit bangunan terancam longsor yang diisi oleh sembilan orang warga,'' ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada wartawan, Senin malam. Kondisi ini terjadi karena dampak luas longsor tebing seukuran panjang kurang lebih 10 meter dan tinggi 15 meter.

Keluarga yang tinggal di rumah tersebut atas nama kepala keluarga Rika Rahmawati dan Edi Sofyan. '' Khusus keluarga ibu Rika Rahmawati untuk saat ini dievakuasi di rumah ibunya,'' ujar Zulkarnain.

Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Tindakan sementara yang dilakukan petugas, lanjut Zulkarnain selain ke lokasi kejadian adalah pasang terpal oleh BPBD, PMI dan Kelurahan Selabatu.

Ke depan ungkap Zulkarnain, BPBD meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana. Langkah kesiapsiagaan diperlukan mengingat tingginya intensitas hujan yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor.

Zulkarnain mengatakan, sebelumnya petugas gabungan di Kota Sukabumi telah menggelar apel siaga menghadapi bencana. Targetnya ketika terjadi bencana semua petugas gabungan dapat digerakkan dalam menangani bencana.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA