Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

11 Alasan Kuliah di Luar Negeri adalah Cita-Cita yang Mulia

Rabu 22 Jan 2020 06:06 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Simak penjelasan berikut ini yang dikutip oleh Cermati.com agar Anda tidak akan ragu lagi untuk mencoba mendaftar universitas di luar negeri:

kuliah di luar negeri

Saat ini, kuliah di luar negeri bukan hal yang mustahil lagi bagi pelajar atau mahasiswa Indonesia. Amerika, Eropa, Jepang, Singapura, Malaysia, dan lain sebagainya menjadi tujuan kuliah yang diimpikan banyak orang. Lantas, apa sih manfaat dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berkuliah di luar negeri?

Ada banyak manfaat dan keuntungan kuliah di luar negeri yang tidak akan Anda dapatkan jika kuliah di dalam negeri. Simak penjelasan di bawah ini yang dikutip oleh Cermati.com agar Anda tidak ragu lagi untuk mencoba mendaftar universitas di luar negeri:

 

1. Tinggal di Luar Negeri Akan Menjadikanmu Lebih Mandiri

Tinggal di luar negeri akan jauh lebih sulit dibandingkan tinggal di Indonesia. Anda tidak bisa mengandalkan uang kiriman tambahan dari orang tua sehingga harus menghemat uang yang dimiliki saat ini. 

Maka dari itu kebanyakan mahasiswa yang kuliah di luar negeri malah memiliki gaya hidup yang sederhana. 

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Cara yang paling efektif untuk mempelajari bahasa asing adalah dengan mengaplikasikannya langsung di kehidupan sehari-hari. Jika Anda kuliah di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari seperti Belanda dan Skandinavia maka kemampuan bahasa Inggris Anda pasti akan meningkat. Begitu pula dengan bahasa lainnya di negara lain.

3. Melihat Budaya Luar Secara Langsung

Tidak hanya bahasanya saja, Anda juga bisa melihat dan memahami secara langsung budaya negara luar. Misalnya seperti kebiasaan menyapa, cara makan, cara bersosialisasi, budaya asli, dan lain sebagainya. Jika kuliah di Indonesia, Anda tidak akan mendapatkan pengalaman seperti itu.

4. Lebih Mudah Untuk Traveling

Saat libur panjang, maka waktunya untuk traveling ke tempat-tempat yang tidak ada di Indonesia. Tak hanya di negara tempatmu kuliah saja, Anda juga bisa lebih mudah mengunjungi negara tetangga. 

Anda bisa lebih berhemat karena biaya lebih murah dibandingkan dari Indonesia. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan visa tambahan.

Baca Juga: 20 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

5. Menemukan Teman yang Memotivasi dan Menginspirasi

Anda bisa menemukan sesama pelajar Indonesia lewat Persatuan Pelajar Indonesia atau PPI. Kebanyakan mahasiswa yang kuliah di luar negeri memiliki latar belakang prestasi yang tinggi. Mengenal mahasiswa yang penuh prestasi akan memotivasi dan menginspirasi diri untuk meraih prestasi yang sama.

6. Punya Koneksi yang Sangat Luas

Tidak hanya pelajar dari Indonesia saja, Anda juga akan menemukan teman dari berbagai negara lain. Dengan begitu, Anda akan memiliki koneksi yang sangat luas dari berbagai belahan dunia jika kembali ke Indonesia. Teman barumu juga bisa menjadi keluarga baru karena menjalani suka duka yang sama.

7. Mencoba Banyak Aktivitas Baru

Ada banyak aktivitas yang belum pernah Anda coba bahkan belum dilihat sebelumnya. Mencoba aktivitas baru dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Misalnya seperti merasakan salju setiap musim dingin yang tidak ada di Indonesia dan lain sebagainya.

8. Mendapatkan Ilmu yang Lebih Banyak

Kuliah di negara maju akan membantumu menemukan banyak sekali buku langka yang sulit untuk dicari. Bahkan Anda bisa mengakses semua buku dan jurnal yang ada secara gratis. Selain itu, dengan kuliah di luar negeri Anda juga bisa bertemu dengan dosen-dosen terbaik di bidangnya. 

Misalnya Anda ingin belajar sastra jepang, maka akan lebih bagus jika dipelajari di Jepang langsung. Dengan begitu ilmu dan pengalaman yang akan Anda dapatkan bisa lebih banyak lagi. 

9. Mendapatkan Pengalaman yang Bisa Menjadi Nilai Jual

Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri, sehingga tidak semua orang juga memiliki pengalaman tersebut. Pengalaman kuliah di luar negeri akan menjadi nilai jual lebih ketika Anda melamar pekerjaan di Indonesia. 

Tidak hanya gelar luar negeri saja yang Anda tawarkan, namun juga kepribadian mandiri, mudah beradaptasi, dan cepat bergaul.

Baca Juga: Biaya Sekolah Makin Mahal, Begini Loh Caranya Mengatur Dana Pendidikan Anak

10. Menemukan Hal Baru

Kuliah di luar negeri akan membuatmu sadar bahwa dunia sangat luas dan tidak hanya terdiri dari Indonesia saja. Hal tersebut menjadi pengalaman baru terutama bagi Anda yang belum pernah ke luar negeri. Budaya dan sejarah dari negara tersebut juga bisa sangat berbeda dengan Indonesia.

11. Anda Akan Sadar Bahwa Indonesia Tetap yang Terbaik

Meski banyak hal menarik yang akan Anda dapatkan di negara tujuan, namun Anda akan segera sadar bahwa Indonesia tetap negara tercinta. Belajar di luar negeri akan membuatmu memiliki pikiran yang lebih terbuka dan toleransi yang tinggi. 

Anda akan bertekad segera menyelesaikan studi dan kembali ke Indonesia untuk mengabdi agar segala ilmu yang didapatkan berguna untuk kemajuan bangsa tercinta.

Tidak Ada Alasan Untuk Anda Tidak Mencoba Kuliah di Luar Negeri

Itulah 11 alasan mengapa kuliah di luar negeri adalah cita-cita yang harus dipelihara dan diwujudkan. Sekarang tidak ada alasan lagi untukmu berhenti mencoba kuliah di luar negeri. Ada berbagai macam cara untuk bisa kuliah di luar negeri salah satunya yaitu dengan mengikuti program beasiswa.

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Desain Komunikasi Visual atau Desain Grafis? Pahami Dulu Perbedaannya

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA