Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

RS Mata Achmad Wardi BWI-Dompet Dhuafa Gelar Edukasi Katarak

Senin 20 Jan 2020 14:55 WIB

Red: Gita Amanda

RS Achmad Wardi BWI dan Dompet Dhuafa gelar edukasi serba serbi katarak.

RS Achmad Wardi BWI dan Dompet Dhuafa gelar edukasi serba serbi katarak.

Foto: Dompet Dhuafa
Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu hal yang penting dalam aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Rumah Sakit (RS) Mata Achmad Wardi BWI-Dompet Dhuafa mengadakan kegiatan sosialisasi dan pengenalan tentang penyakit mata katarak di kantor kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Walantaka, Kota Serang sebanyak 40 peserta ikut hadir dalam kegiatan terebut.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Tegal Sari, sebab kita tidak tahu penyebab katarak itu apa saja dan bagaimana cara mengobatinya,” ujar ibu Sutihat selaku lurah Tegal Sari. 

Baca Juga

Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat setempat, mulai dari remaja hingga lansia ikut hadir di kegiatan ini. Pengetahuan tentang penyakit katarak harus kita ketahui sejak dini, karena penyakit katarak ini bukan hanya dialami oleh lansia saja tetapi bisa juga terkena pada anak-anak.

photo
RS Achmad Wardi BWI dan Dompet Dhuafa gelar edukasi serba serbi katarak.

Banyak faktor yang terkadang jarang diperhatikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang menyebabkan timbulnya katarak. Bahkan resiko pekerjaan menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan penyakit katarak, sehingga harus tetap berhati-hati dan periksa mata jika sudah mengalami gejala mata yang sudah tidak normal.

“Kegiatan ini sangat membantu puskesmas Walantaka untuk memberikan pengenalan penyakit mata katarak, sebab kami tidak fokus pengobatan mata melainkan penyakit umum,” ujar Mega Kurniawati selaku Pengurus Kesehatan Puskesmas Walantaka.

Dalam kegiatan sosialisasi ini bukan hanya memberikan edukasi dan pengenalan katarak itu saja, tetapi ketika sudah terkena katarak apa yang harus segera dilakukan. Sebab jika tidak segera diperiksakan, mata lama kelamaan akan mengakibatkan kebutaan. Ciri-ciri dan gejala yang terkena katarak diantaranya mata mulai kabur ketika melihat benda, penglihatan semakin blur meskipun sudah berganti-ganti ukuran kacamata, penglihatan ganda dan silau jika terkena paparan sinar.

Oleh karena itu RS Mata Achmad Wardi BWI-Dompet Dhuafa mengajak untuk sadar akan pentingnya merawat mata sejak dini, selain itu juga periksakan mata secara rutin jika mulai mengalami gejala mata yang sudah tidak normal. "Kami dari RS Mata Achmad Wardi BWI-Dompet Dhuafa ingin memeberikan edukasi dan pengenalan terhadap kesehatan mata agar masyarakat Kota Serang bahkan Banten bisa bebas dari katarak," tutur Sulaiman Kabid Kesehatan RS Mata Achmad Wari BWI-Dompet Dhuafa Banten dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA