Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Menang Tipis Vs Granada, Barca Kembali ke Puncak Klasemen

Senin 20 Jan 2020 06:00 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Selebrasi Lionel Messi usai mencetak gol.

Selebrasi Lionel Messi usai mencetak gol.

Foto: Sergio Perez/Reuters
Barcelona dan Real Madrid sama-sama mengemas 43 poin dari 20 laga.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Butuh waktu hingga menit ke-76 untuk Barcelona bisa mencetak gol ke gawang tamunya, Granada, pada jornada ke-20 La Liga Spanyol, Senin (20/1) dini hari WIB. Namun, gol semata wayang Lionel Messi di laga yang digelar di Stadion Camp Nou itu akhirnya sudah cukup membawa Barcelona kembali ke puncak klasemen sementara La Liga.

Tim asal Katalan itu berhasil mengambil alih posisi puncak klasemen sementara dari Real Madrid, yang berhasil mengemas tiga angka kala mengalahkan Sevilla, 2-1, Sabtu (18/1) waktu setempat. Barcelona dan Real Madrid sama-sama mengumpulkan 43 poin dari 20 laga. Namun, La Blaugrana berhak berada di posisi teratas klasemen sementara lantaran unggul jumlah selisih gol atas Los Blancos.

Laga menghadapi Granada ini juga tercatat menjadi laga debut Quique Setien, yang menggantikan Ernesto Valverde, sebagai pelatih Barcelona. Laga debut Setien sebagai pelatih Barcelona ini sebenarnya nyaris berujung antiklimaks. Pasalnya, para penggawa Barcelona tidak mampu menemukan celah dan membongkar pertahanan di lini belakang Granada.

Bahkan, meski mampu mengendalikan permainan lewat penguasaan bola mencapai 81 persen pada babak pertama, Barcelona belum mampu mencetak gol. Berbagai peluang, termasuk dua peluang emas yang didapatkan Ansu Fati, gagal berbuah gol. Penampilan apik kiper Granada, Rui Silva, dan kokohnya tembok pertahanan Granada mampu meredam penyerangan Barcelona.

Peluang terbaik Barcelona pada babak pertama ditorehkan Lionel Messi pada menit ke-44. Jordi Alba, yang melakukan overlapping, mampu melepaskan umpan tarik. Bola pun sempat disambut oleh Messi. Namun, bola hasil tendangan Messi masih melebar di sisi kanan gawang tim tamu.

Memasuki babak kedua, Barcelona kembali mendominasi permainan lewat penguasaan bola. Sementara tim tamu hanya mampu membalas lewat serangan balik cepat.

Pada menit ke-67, Granada sempat mendapatkan peluang lewat tendangan keras Yan Eteki. Namun, beruntung buat Barcelona, bola hasil tendangan Eteki itu masih membentur tiang gawang.

Kesempatan Barcelona untuk bisa mencetak gol akhirnya kian terbuka lebar kala wasit mengusir bek tengah Granada, German Sanchez. Bek asal Spanyol itu menerima kartu merah usai melanggar Messi. Bermain dengan keunggulan satu pemain, Barcelona tampil lebih percaya diri. Puncaknya, Barcelona akhirnya mampu memecahkan kebuntuan.

Usai melakukan kombinasi operan dengan Antoine Griezmann, Arturo Vidal langsung melepaskan operan back heels kepada Messi. Tanpa ragu, kapten La Blaugrana itu langsung mengarahkan bola ke gawang Granada. Rui Silva gagal membaca arah bola dan akhirnya mesti rela melihat gawangnya kebobolan. Gol Messi ini menjadi gol pertama dan terakhir yang tercipta di laga ini.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA