Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Sepakbola untuk Kemanusiaan

Ahad 19 Jan 2020 21:55 WIB

Red: Agus Yulianto

Banyak stakeholder maupun komunitas bekerja sama dengan berbagai lembaga kemanusiaan terpercaya untuk mengirim bantuan.  Salah satunya melalui kegiatan sepakbola.

Banyak stakeholder maupun komunitas bekerja sama dengan berbagai lembaga kemanusiaan terpercaya untuk mengirim bantuan. Salah satunya melalui kegiatan sepakbola.

Foto: Donasi bencana
Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk masyarakat Lebak.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGGERANG - - Membangun semangat kepedulian menjadi sangat penting untuk bersinergi dengan banyak pihak untuk membantu korban banjir. Banyak komunitas yang tergugah dan sukarela mengumpulkan donasi. Salah satunya adalah Juventini wilayah Tangerang dan Beton FC. Kedua komunitas tersebut menggandeng Dompet Dhuafa untuk penyaluran donasi pada pertandingan amal yang di laksanakan Lapangan Karawaci, Tangerang, Ahad (19/1)

“Semoga bisa menjadi kebiasaan walaupun tidak ada bencana terus ada charity match seperti ini. Dengan donasi yang diberikan dapat membantu para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Lebak, Banten, " ucap Adi perwakilan Juventini Tangerang.

Banyak stakeholder maupun komunitas bekerja sama dengan berbagai lembaga kemanusiaan terpercaya untuk mengirim bantuan. Donasi dari Juventini Tangerang dan Beton FC dikumpulkan dengan cara yang unik mempertemukan tiga kesebelasan (Juventini Tangerang, Beton FC, dan Dompet Dhuafa FC). Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk masyarakat Lebak, Banten yang terkena bencana banjir bandang dan tanah longsor melalui Dompet Dhuafa.

Hingga Ahad ini (19/1) menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima oleh Disater Mangement Dompet Dhuafa dampak banjir bandang dan longsor di Lebak mengakibatkan 1.110 rumah rusak berat,  19 fasilitas pendidikan rusak berat, 230 rumah rusak sedang, 27 jembatan rusak berat, 309  rumah rusak ringan dan 2 jalan (titik) rusak berat. Sementara di Kabupaten Bogor terdapat 197 rumah rusak berat, 89 rumah rusak ringan, 474 rumah terdampak, 19 fasilitas pendidikan rusak ringan, 4 jembatan rusak sedang dan 14 jalan (titik) rusak sedang. 

DMC Dompet Dhuafa memberikan perlindungan  dan penanganan darurat untuk 284 jiwa atau 76 keluarga yang masih mengungsi di Yayasan Pondok Pesantren Darul Mustafa. Beberapa jalan desa yang sebelumnya tertutup material longsor dan banjir bandang sudah bisa dilalui dengan motor trail. Alat berat beroperasi untuk membuka akses desa yang masih terisolir.

Menurut data BNPB yang diolah DMC Dompet Dhuafa di Kabupaten Lebak terdapat 2.105 jiwa mengungsi sementara di Kabupaten Bogor terdapat 13.647 jiwa mengungsi. Sementara total korban jiwa dari Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta mencapai 61 jiwa dengan rincian  Kabupaten Bogor terdapat 11 jiwa meninggal dunia, di Bekasi 9 jiwa meninggal dunia, Kabupaten Lebak 10 jiwa meninggal dunia, Jakarta Timur 8 jiwa meninggal dunia, Jakarta Barat 4 jiwa meninggal dunia, Jakarta Pusat 2 jiwa meninggal dunia, Jakarta Selatan 1 jiwa meninggal dunia, Jakarta Utara 1 jiwa meninggal dunia, Tangerang 6 jiwa meninggal dunia, Kabupate Bekasi 1 jiwa meninggal dunia, Bogor 1 jiwa meninggal dunia, Depok 3 jiwa meninggal dunia, dan Tangerang Selatan 4 jiwa meninggal dunia.

Hingga hari ini kebutuhan darurat berupa alat kebersihan, makanan pokok, peralatan mandi, pakaian, selimut, tikar atau matras, perlengkapan bayi dan air bersih terutama untuk konsumsi.

Sejauh ini sumber daya DMC Dompet Dhuafa sudah menerjunkan 13 perahu karet, 3 motor trail, 82 personil respon, 2 truk dapur) umum, 4 mobil rescue, 5 mobil ambulance serta 3 mobil logistik. Sampai hari ini (19/01) total yang sudah di evakuasi mencapai 1.441 jiwa penerima manfaat untuk dapur umum sudah memberikan 3.012 jiwa penerima manfaat, kesehatan dengan 2.537 jiwa penerima manfaat, logistik 12.846 jiwa penerima manfaat, taman ceria 844 jiwa dan ekonomi sebanyak 486 jiwa penerima manfaat. Dengan jumlah penerima manfaat keseluruhan mencapai 21.166 jiwa yang tersebar di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

“Alhamdulillah dengan adanya donasi yang terkumpul dapat membantu para korban bencana yang saat ini membutuhkan khususnya warga Lebak. Dalam tema Humanesia ini kita juga mendorong hingga mengajak komunitas lain maupun generasi muda untuk turun dan bergerak dalam kemanusiaan serta ajang ini menjadi silahturahmi serta memperkuat bilateral diantara komunitas yang ada di Tangerang dan sekitarnya," ujar Aji perwakilan dari Dompet Dhuafa FC.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA