Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

30 Batang Pohon Ganja Ditemukan di Gunung Guntur

Ahad 19 Jan 2020 23:13 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah

Jajaran Polres Garut menemukan 25 tanaman pohon ganja di sebuah lereng perbukitan.

Jajaran Polres Garut menemukan 25 tanaman pohon ganja di sebuah lereng perbukitan.

Foto: Dok Humas Polda Jabar
Polisi Garut belum bisa memastikan pemilik pohon ganja.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Puluhan batang tanaman yang diduga pohon ganja ditemukan di kawasan Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Sabtu (18/1). Secara fisik, pohon yang pertama kali dilihat oleh warga itu persis dengan tanaman narkotika.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Garut, AKP Cepi Hermawan mengatakan, secara fisik mirip pohon ganja. Polisi juga telah melakukan tes manual menggunakan alat tes narkoba.

"70 persen dipastikan tanaman ganja. Namun besok kita mau memastikan secara pasti ke Puslabfor Polri," kata dia saat dikonfirmasi Republika.co.id, Ahad (19/1).

Dari hasil penelusuran di lapangan, ditemukan lebih kurang 30 pohon ganja. Pohon tersebut memiliki ukuran yang berbeda, mulai 30 sentimeter (cm) hingga 70 cm.

Kendati demikian, polisi belum bisa memastikan kepemilikan tanaman tersebut. "Untuk kepemilikan kami sedang melakukan penyelidikan yang intensif. Jadi belum mengarah siapa pemilik dan yang menanam pohon itu," kata dia.

Sebelumnya, pada Sabtu sekitar pukul 16.00 WIB, di Lereng Curug Cilengsing/Blok Batu Bilik, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, telah ditemukan pohon yang diduga pohon ganja sebanyak lebih kurang 25 pohon yang diperkirakan berusia dua-tiga bulan. Atas penemuan pohon yang diduga pohon ganja tersebut, personel Polsek Tarogong Kaler dan Koramil Tarogong sudah berada di sekitar area untuk mengamankan pohon tersebut.

Penemuan pohon yang diduga jenis ganja tersebut berawal dari info masyarakat yang menyatakan ada tanaman mencurigakan di lokasi tersebut. Berdasarkan laporan itu, anggota Polsek Tarogong Kaler dan anggota Babinsa melakukan pengecekan ke tempat kejadian perkara (TKP) dan ditemukan jenis tanaman mirip pohon ganja yang jumlah 10 pohon.

Pada Ahad, tim gabungan telah mangamankan barang bukti tanaman ganja serta melakukan penyisiran. Saat ini, barang bukti diamankan di Polres Garut guna penyelidikan lebih lanjut serta mengungkap pemilik tanaman tersebut yang sampai saat ini belum diketahui.

Kapolsek Tarogong Kaler, Ipda Asep Saepudin mengatakan, penemuan pohon ganja di Gunung Guntur, sudah dilaporkan warga sejak Rabu (15/1). Warga yang melaporkan tak ingat lokasi penemuan pohon ganja itu.

"Sejak hari Kamis dan Jumat kami sudah melakukan pencarian," kata dia.

Ia mengatakan, puluhan pohon ganja itu dibawa turun dan ditempatkan di Polres Garut. Tim di lapangan juga akan melakukan penyisiran di lokasi lainnya, lantaran ada kemungkinan masih terdapat pohon ganja di sekitar lokasi.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA