Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Sungai di Sidoardjo Tertutup Buih Busa

Sabtu 18 Jan 2020 14:34 WIB

Red: Esthi Maharani

Sebuah perahu melintas di samping puluhan perahu nelayan yang bersandar di sungai kawasan Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (8/7/2019).

Sebuah perahu melintas di samping puluhan perahu nelayan yang bersandar di sungai kawasan Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (8/7/2019).

Foto: Antara/Umarul Faruq
Buih seperti salju itu menutup seluruh permukaan sungai Sidoarjo sepanjang 1 km

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO  - Sungai di Desa Sumput, Sidoarjo Jawa Timur tertutup buih busa sepanjang sekitar 1 kilometer. Buih seperti salju itu menutup seluruh permukaan sungai sehingga menjadi tontonan warga

Salah seorang warga setempat Hadi P mengatakan sehari sebelumnya memang sudah mulai tampak ada buih busa, terapi sejak pagi hingga siang ini buih busa semakin banyak.

"Kalau biasanya airnya cenderung coklat dan berbau, kini tidak tetapi buih busanya menutupi permukaan sungai dan berwarna putih," ujarnya, Sabtu (18/1)

Ia berharap ada penanganan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur untuk mengatasi permasalahan itu. "Mungkin bisa dilakukan tindakan, karena kami juga tidak tahu apakah ada ikannya yang mati atau tidak akibat luapan buih busa itu. Tepatnya sejak di DAM Sumput ke arah Timur," ungkapnya.

Menanggapi adanya kejadian itu Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan segera memerintahkan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo untuk mengecek ke lokasi.

"Kalau bisa hari ini DLHK turun ke lapangan untuk melihat da mengambil contoh buih busa dari sungai itu," tambahnya.

Jika memang nantinya hulu sungai ada pelanggaran, lanjut dia tentunya bisa ditindak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

"Kami sudah kordinasi memerintahkan pihak DLHK Sidoarjo untuk melakukan pemeriksaan air di sungai yang dipenuhi busa tersebut. Kalau itu nantinya ada pelanggaran harus dilakukan penindakan," jelasnya.

Peristiwa itu juga dijadikan sebagai tontonan warga karena lokasinya yang tak jauh dari Jalan Raya Sumput. Bahkan ada ibu-ibu beserta anaknya yang turun untuk melihat dari dekat buih busa yang terlihat putih seperti salju.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA