Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Iqro My Universe Diputar di Indonesian Movie Night Bulgaria

Sabtu 18 Jan 2020 09:40 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pemain film Iqro: My Universe. Film tersebut diputar di di Indonesian Movie Night di Sofia Cinema House, Kamis  (16/1) malam.

Pemain film Iqro: My Universe. Film tersebut diputar di di Indonesian Movie Night di Sofia Cinema House, Kamis (16/1) malam.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Film Iqro My Universe diputar di Indonesian Movie Night di Bulgaria.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Film Iqro My Universe mendapat sambutan hangat dari publik Bulgaria ketika diputar di Indonesian Movie Night di Sofia Cinema House, Kamis  (16/1) malam. Sebagian besar dari 140 penonton sinema garapan sutradara Iqbal Alfajri itu adalah warga lokal.

Dalam pemutaran Iqro My Universe, turut hadir duta besar negara-negara sahabat, diplomat, akademisi, jurnalis, penggiat seni dan budaya, mahasiswa kelas Bahasa Indonesia di Universitas Sofia, dan warga Indonesia yang tinggal di Bulgaria. Pensosbud KBRI Sofia, Aisha Fauzia, kepada Antara London, Jumat, mengatakan Iqro My Universe berhasil menginspirasi penonton, bahkan beberapa dari mereka secara khusus menyatakan apresiasinya atas film tersebut kepada KBRI Sofia.

Indonesian Movie Night diselenggarakan KBRI Sofia sebagai partisipasi Indonesia pada Sofia Menar Film Festival ke-12 yang berlangsung di Sofia, Bulgaria, dari tanggal 14 hingga 30 Januari mendatang. Festival tersebut merupakan yang terbesar di kawasan Balkan, dan menampilkan film-film bernapaskan Islam.

Baca Juga

Iqro My Universe yang diproduksi Salman Film Academy ini bercerita tentang Aqilla, remaja Muslimah Indonesia yang bercita-cita menjadi astronaut. Di sekolahnya, Aqilla bersaing dengan June pada lomba vlog mengenai orang-orang Indonesia yang berperan di bidang astronomi, untuk merebut hadiah berupa kunjungan ke Pusat Pelatihan Astronaut di London.

Melalui film Iqro My Universe, KBRI Sofia bermaksud untuk menampilkan wajah Muslim moderat Indonesia yang modern dan berpendidikan. Keberadaan tokoh-tokoh utama perempuan dengan peran yang kuat juga diharapkan dapat mencerminkan kesetaraan gender di Indonesia yang membuka jalan seluas-luasnya bagi siapa pun untuk mengenyam pendidikan tinggi dan berkontribusi kepada dunia.

Sebelum pemutaran film, KBRI Sofia mengadakan cocktail reception dan menyajikan berbagai kuliner Indonesia. Para pengunjung juga dapat menikmati penampilan tari Indang yang dibawakan oleh kelompok tari binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara (PMN).

Selama Menar Film Festival, Indonesia juga menyelenggarakan pameran foto pariwisata Indonesia, yang menampilkan foto-foto keindahan alam Bali, Labuan Bajo, dan Jakarta, yang dibuat fotografer profesional Bulgaria, Dimitar Karanikolov. Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Sofia, Bonnie Sastranegara, yang mewakili Dubes RI Sofia membuka acara, menyampaikan kebahagiaan melihat antusiasme pengunjung.

"Pemutaran film ini berjalan sukses berkat dukungan dari Tyas Abiyoga, produser film Iqro My Universe dan tim," ujar Bonnie.

Menurut Bonnie, film merupakan salah satu sarana efektif dalam mempromosikan Indonesia. Melalui acara Indonesian Movie Night, diharapkan penonton mendapat gambaran tentang kehidupan masyarakat muslim Indonesia, sekaligus tertarik untuk berwisata ke Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA