Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

PON 2020 Semakin Dekat, Jokowi Tagih Kesiapan Pemprov Papua

Jumat 17 Jan 2020 19:15 WIB

Rep: Sapto Andika Candra / Red: Israr Itah

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal (ketiga kiri) mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal (ketiga kiri) mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
PON ke-20 akan digelar di empat lokasi di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi mengundang jajaran Pemerintah Provinsi Papua ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk membahas kesiapan terkini dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 20 Oktober hingga 2 November 2020. PON ke-20 akan digelar di empat lokasi di Papua, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca Juga

"Waktu tinggal 276 hari, dan saya ingin mendapatkan laporan. Mengenai infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan PON mulai dari pembangunan venue maupun non-venue, hingga kesiapan akomodasi untuk kurang lebih 9.411  atlet dan ofisial yang akan datang ke Papua," ujar Presiden dalam pembukaan rapat terbatas di Kantor Presiden, Jumat (17/1).

Jokowi juga mengingatkan bahwa ajang PON bukan hanya kompetisi olahraga, melainkan juga kesempatan bagi seluruh atlet dan masyarakat Indonesia untuk mempererat jalinan persatuan. Jokowi juga meminta secara khusus kepada Pemprov Papua untuk memanfaatkan momen PON XX untuk menunjukkan talenta-talenta terbaiknya.

Presiden juga meminta Pemprov Papua untuk membuat rencana pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga yang sudah terbangun nantinya, terutama pascapenyelenggaraan PON XX. Jokowi tak ingin seluruh fasilitas olahraga yang dibangun justru terbengkalai setelah ajang PON XX rampung digelar.

"Jangan sampai sarana prasarana olahraga yang dibangun dengan biaya sedikit justru tidak dimanfaatkan lagi karena tidak terawat. Saya tegaskan Provinsi Papua agar buat rencana pemanfaatan fasilitas olahraga terutama untuk pembinaan bibit unggul anak Papua di bidang olahraga," kata Jokowi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA