Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Tari Inai Warisan Budaya tak Benda Kemendikbud

Jumat 17 Jan 2020 19:13 WIB

Red: Agung Sasongko

Tari Inai.

Tari Inai.

Foto: Tangkapan Layar Youtube.
Gerakan tari inai mirip dengan gerakan silat yang diperhalus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tari Inai dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur masuk dalam daftar warisan budaya tak benda nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut siaran pers dari Humas Pemerintah KabupatenTanjung Jabung Timur, Tari Inai sejak dulu telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

Pengakuan Tari Inai sebagai warisan budaya tak benda nasional diharapkan mendorong peningkatan upaya pelestarian tarian tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Tanjung Jabung Timur Dedi Armadimenyatakan komitmen pemerintah daerah untuk melestarikan tarian tradisional itu, memastikannya selalu hadir di tengah masyarakat.

"Ini merupakan momen atau tonggak kita untuk terus melestarikan budaya khas Kabupaten Tanjung Jabung Timur," katanya.

Menurut siaran di laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tari Inai adalah tarian sakral dalam upacara pengantin masyarakat Melayu dan biasanya dibawakan pada malam hari selepas shalat isya.

Gerakan tari inai mirip dengan gerakan silat yang diperhalus. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh laki-laki, jumlahnya maksimal tiga orang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA