Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Kenangan Persahabatan Ronaldinho dan Messi

Jumat 17 Jan 2020 13:17 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto

Ronaldinho dan Lionel Messi saat masih sama-sama di Barcelona.

Ronaldinho dan Lionel Messi saat masih sama-sama di Barcelona.

Foto: www.ligafutbol.ne
Ronaldinho punya andil besar dalam karier Messi di Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho, mengungkapkan kenangan persahabatannya dengan Lionel Messi. Keduanya sempat sama-sama membela Barcelona.

Namun, saat itu Ronaldinho sudah jadi bintang dan Messi masih bau kencur. Ronaldinho mengatakan, sejak tiba di Barca, dirinya mendengar desas-desus pesepak bola muda luar biasa. Pemuda itu belakangan diketahuinya sebagai Messi. Perkenalan keduanya berlanjut hingga berteman akrab sejak akhir 2000-an.

"Kami mulai main bersama dengan kompak. Kedatangannya membawa perbedaan. Saya berbincang dengan Rijkaard (mantan pelatih Barca) agar dia (Messi) ikut latihan bersama skuad utama. Semua terjadi begitu cepat," kata Ronaldinho dilansir dari Barca Blaugranes pada Jumat (17/1).

Ronaldinho punya andil besar dalam karier Messi di La Blaugrana. Di luar sepak bola, Ronaldinho mengajarkan Messi bahasa Portugis. Sebaliknya, Messi mengajarkan bahasa Spanyol.

Di dalam lapangan, Ronaldinho yang menyodorkan assist untuk gol pertama Messi di sana. Namun Ronaldinho merasa hanya beruntung saat memberi umpan itu. "Seiring waktu, sangat bagus melihat seseorang yang memulai kariernya di samping Anda, dan dia lalu menaklukkan dunia," ujar pria berusia 39 tahun itu.

Sikap Messi yang tenang dan jauh dari kontroversi menjadi kesan yang membekas di hati Ronaldinho. Seingatnya, Messi tak pernah terbelit masalah. Padahal Messi punya banyak uang untuk melakukan apa saja. "Dia selalu mencintai keluarganya. Leo punya segalanya, dia tidak perlu apapun dari saya," sebutnya.

Di sisi lain, Barca akan selalu jadi kenangan manis Ronaldinho. Pesepak bola murah senyum itu rindu sorakan fan di Camp Nou. Saat berkarier, tak dapat dimungkiri bahwa Ronaldinho ialah yang terbaik. Penghargaan Ballon d'Or pernah diraihnya.

"Sejak pertandingan pertama, semuanya sungguh menyenangkan. Banyak kesan di sana, saya tiba dengan ribuan orang menunggu di stadion," kata Ronaldinho mengenang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA