Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Moyes Ingin Ulangi Kesuksesan Bersama Everton di West Ham

Jumat 17 Jan 2020 06:56 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih West Ham United David Moyes

Pelatih West Ham United David Moyes

Foto: REUTERS/Vincent West
Moyes sempat menjadikan Everton menjadi tim kuda hitam yang disegani di Liga Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih West Ham United David Moyes menegaskan ingin mengulangi kesuksesan yang sempat dirasakannya di Everton. Moyes ingin melakukan hal serupa di London.

Baca Juga

"Saya menghabiskan 11 tahun lebih yang luar biasa di sana. Kami melakukan banyak hal hebat di Everton, tapi sekarang saatnya fokus ke West Ham," katanya dilansir laman resmi West Ham, Kamis (16/1) malam.

Moyes sempat menjadikan Everton menjadi tim kuda hitam yang disegani di Liga Inggris. The Toffees tampil teratur di kompetisi Eropa. Moyes bahkan pernah membawa Everton berlaga di babak kualifikasi Liga Champions.

"Saya pikir ada kesamaan antara kedua klub ini, jadi rasanya tidak ada alasan West Ham tidak mencapai hal serupa," katanya lagi.

Meski menyebut masa di Everton sebagai sebuah kesuksesan, walaupun selama berada di Goodison Park sejak Maret 2002 hingga Juni 2013, Moyes tak sekali pun meraih gelar juara. Capaian terbaiknya hanyalah mencapai semifinal Piala Liga Inggris pada 2007/08 serta memperoleh tiket babak kualifikasi ketiga Liga Champions 2005/06 tetapi gagal ke putaran final dan langsung terhenti di babak pertama kompetisi kasta kedua Piala UEFA (kini Liga Europa) musim yang sama.

Kendati demikian, Moyes punya raihan individual yang cukup positif ketika ia tiga kali dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik dari asosiasi manajer Inggris (LMA) untuk musim 2002/03, 2004/05 dan 2008/09.

Menurut Moyes, waktu adalah sesuatu yang paling mewah dan sulit didapatkan setiap manajer atau pelatih sepak bola. Moyes menegaskan untuk bisa menduplikasi yang dicapainya di Everton ia membutuhkan waktu yang cukup serta kesempatan membangun skuat yang bisa menyokong rencana jangka panjangnya.

"Saya butuh waktu untuk menerjemahkan desain, mendatangkan pemain dan kesempatan untuk mereka agar siap mengimplemetansikan rencana saya. Saya harap punya kesempatan untuk melakukan hal yang sama di West Ham untuk tahun-tahun ke depan," kata Moyes.

Moyes memulai masa keduanya melatih West Ham dengan dua kemenangan di Liga Inggris dan Piala FA. Tapi bulan madu itu berlangsung singkat sebab The Hammers kalah di kandang Sheffield United, sepekan lalu.

Moyes ingin menuntun West Ham kembali ke jalur kemenangan saat menjamu mantan klubnya Everton di Stadion Olimpiade London pada laga pekan ke-23 Liga Inggris, Sabtu (18/1).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA