Jumat 17 Jan 2020 05:15 WIB

UniSadhuguna Latih Softskill untuk Kuliah di Luar Negeri

Softskill itu misalnya mahasiswa dilatih bagaimana menjelaskan idenya di depan kelas.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Konferensi pers program UniSadhuguna, di Soehanna Hall,  Jakarta Pusat, Kamis (16/1).
Foto: Inas Widyanuratikah/Republika
Konferensi pers program UniSadhuguna, di Soehanna Hall, Jakarta Pusat, Kamis (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengikuti program kuliah di luar negeri tidak hanya perlu kesiapan secara akademis namun juga keterampilan lain atau softskill. UniSadhuguna menyediakan dua program persiapan kuliah luar negeri melalui Uniprep dan UIC College.

Head of Campus UIC College BSD City, Aimee Sukesna mengatakan di Uniprep dan UIC College mahasiswa akan diberikan keterampilan yang sesuai dengan Abad 21. Di antaranya adalah terkait dengan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kepemimpinan, kolaborasi, dan kemampuan beradaptasi.

Baca Juga

Aimee mengatakan, melalui program UIC College ataupun Uniprep, mahasiswa akan disiapkan kemampuannya. Hal ini perlu dilakukan agar mereka terbiasa ketika nantinya harus menghadapi lingkungan baru di perkuliahan luar negeri.  "Seperti critical thinking ketika menerima presentasi dari dosennya," kata Aimee, dalam konferensi pers UniSadhuguna di Soehanna Hall, Jakarta Pusat, Kamis (16/1).

Ia juga menyebut, para mahasiswa akan dilatih bagaimana menjelaskan idenya di depan kelas. Sebab, meskipun mahasiswa memiliki ide bagus namun tidak bisa menjelaskannya maka tetap dinilai kurang. Salah satu masalah anak Indonesia adalah sulit menjelaskan idenya.

Presiden Direktur Lembaga Pendidikan UniSadhuguna, Adhirama Gumay menjelaskan pihaknya mempersiapkan para siswa sejak dini sehingga mendapatkan arahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebab, memang tidak mudah untuk menentukan pilihan studi yang akan ditempuh nantinya.

"Kami memposisikan diri bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, tapi merupakan teman dan mitra yang mengerti kebutuhan orang tua dan siswa," kata Adhirama menambahkan.

Di dalam persiapannya, terdapat dua program yakni Uniprep dan UIC College. Uniprep adalah program persiapan dari University of New South Wales (UNSW). Di dalam program ini, mahasiswa belajar selama 6-10 bulan untuk kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana UNSW ataupun ke universitas ternama lainnya.

Program ini lebih kepada mahasiswa yang tertarik dengan riset dan ilmu pengetahuan secara umum. Sementara itu, UIC College merupakan program persiapan serupa. Namun, fokusnya lebih kepada program yang lebih dapat diterapkan di dunia kerja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement