Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Cara Bedakan Ular Berbisa dan Ular tak Berbisa

Jumat 17 Jan 2020 06:18 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Komunitas pecinta ular asal Purwakarta bernama Natrix memberikan informasi agar masyarakat dapat membedakan ular berbisa dan ular tidak berbisa. Dengan demikian, masyarakat tidak akan panik jika tiba-tiba melihat ular.

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Teror ular muncul di beberapa daerah di Indonesia. Di musim hujan ini, ular biasanya mencari tempat yang hangat untuk bertelur, termasuk di permukiman warga.

Banyak warga yang menganggap jika ular begitu berbahaya karena bisanya yang mematikan. Nyatanya tidak semua ular berbisa dan dapat melumpuhkan mangsanya dengan racun.

AYO BACA : ayobandung.com/read/2020/01/03/75293/ular-sepanjang-satu-meter-masuk-ke-kap-mobil-warga-margahayu" target="_blank" rel="noopener">Ular Sepanjang Satu Meter Masuk ke Kap Mobil Warga Margahayu

Komunitas pecinta ular asal Purwakarta bernama Natrix memberikan informasi agar masyarakat dapat membedakan ular berbisa dan ular tidak berbisa. Dengan demikian, masyarakat tidak akan panik jika tiba-tiba melihat ular.

Ketua Natrix Purwakarta Raynanada Gumilang mengatakan, ular berbisa biasanya ditandai dengan ciri khusus seperti memiliki gigi taring kecil dan sebagian besar kepalanya berbentuk segitiga.

AYO BACA : 15 Orang Digigit Ular Berbisa saat Banjir Melanda Karawang

Ular berbisa di antaranya ular sendok, ular tanah, ular hijau, ular laut, ular pohon, ular welang, hingga ular kobra. "Jika digigit ular itu maka akan ada bekas gigitan berupa luka halus yang berbentuk lengkungan," kata dia, Rabu (15/1/2020).

Ciri lain, kata dia, adalah ular berbisa memiliki warna yang terang dan mencolok, serta memiliki mata lebih lonjong dengan pupil berbentuk elips.

"Ular berbisa juga miliki lubang dekat lubang hidung yang berguna mencari mangsa berdarah panas, serta biasanya ular berbisa miliki satu baris pada sisiknya. ciri lain ular berbisa adalah saat berenang pergerakannya terlihat seluruh badan," kata pria akrab disapa Ray itu.

Sementara ular tidak berbisa memiliki ciri di antaranya memiliki dua gigi taring besar di bagian rahang atas. "Tapi, jika digigit ular tidak berbisa maka akan ada bekas gigitan berupa dua lubang gigitan utama yang disebabkan oleh gigi taring," ujar dia.

Selain itu, ular tak berbisa umumnya miliki sisik dengan pola sederhana, mata dan pupil bulat. "Semoga dengan ciri-ciri ini bisa bermanfaat dan diharapkan bisa lebih waspada terhadap spesies ular berbisa di lingkungan rumah," jelas Ray.

AYO BACA : 7 Ular Ditemukan di Rumah Roy Marten saat Beberes Setelah Banjir

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA