Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Sukabumi Tuntaskan Pengerjaan 85 Persen Jalan Kabupaten

Jumat 17 Jan 2020 04:00 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Kendaraan melintas di jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 1 Ciawi-Cigombong di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/12/2019).

Kendaraan melintas di jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 1 Ciawi-Cigombong di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/12/2019).

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Sebanyak 15 persen jalan kabupaten Sukabumi akan dituntaskan tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengklaim telah menuntaskan sekitar 85 peren pembangunan jalan dengan status kabupaten. Sementara sisanya akan dituntaskan pada tahun anggaran 2020.

Baca Juga

‘’ Kami telah menyelesaikan pekerjaan infrastruktur jalan sekitar 85 persen dari total jalan Kabupaten Sukabumi sepanjang 1.400 kilometer,’’ ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Kamis (16/1).
 
Sisanya sekitar 15 persen pada 2020 akan terus dilanjutkan dan bahkan terus ditingkatkan kualitas jalanya. Perhatian ini ungkap Marwan, untuk kemudahan akses dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya dengan membangun jalan penghubung. Terutama di daerah yang jauh dalam pengurusan administrasi ke setiap kecamatan misalnya Jalan Bangbayang- Cimahpar yang menjadi akses cepat ke Kecamatan Tegalbuleud.
 
"Di mana terang Marwan Jalan Bangbayang-Cimahpar jadi akses terdekat bagi masyarakat untuk ke Kecamatan Tegalbuleud. Jalan ini dilakukan peresmiannya oleh bupati pada Kamis.
 
Keberadaan jalan penghubung tersebut juga membuka ekonomi masyarakat. Sehingga, masyarakat sekitar bisa menjual hasil pertanian ke luar daerahnya.
 
Sebab kata Marwan, pada waktu dahulu hasil pertanian tidak bisa dijual ke luar. Namun dengan akses ini, mereka bisa meningkatkan jaringan perdagangan terkait produksi pertanian.
 
Marwan mengatakan, terkait Jalan-jalan yang sudah baik kondisinya pemkab meminta masyarakat turut memperhatikan dan memeliharanya. Harapannya jalan yang sudah baik dapat terus terjaga. Mialnya memperrhatikan muatan kendaraan yang melintas, drainasenya. dan membuat selokan agar air tidak cepat merusak jalan.
 
Kepala Desa Bangbayang Kecamatan Tegalbuleud. Asep Priatna mengatakan, selama ini, masyarakat harus memutar dengan menempuh jarak untuk mencapai Kantor Kecamatan dan mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit. "Makanya jalan ini untuk mempermudah dan mempercepat akses masyarakat di sini ke Kecamatan,’’ imbuh dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA