Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Sukabumi Kembangkan Kampung Tematik 33 Desa Wisata

Kamis 16 Jan 2020 15:34 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Komunitas Aerial Drone dan Racing (KALONG) meng-explore Situ Gunung yang merupakan salah satu destinasi wisata di daerah Sukabumi

Komunitas Aerial Drone dan Racing (KALONG) meng-explore Situ Gunung yang merupakan salah satu destinasi wisata di daerah Sukabumi

Foto: Hiru Muhammad
Kampung tematik ini diharapkan menjadi pemacu berkembangnya Desa Wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 33 kelurahan di Kota Sukabumi didorong untuk mengembangkan kampung tematik yang mendorong potensi wilayah khususnya wisata. Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan warga dengan optimalisasi potensi yang ada di daerah.

Salah satunya di Kelurahan Sindang Sari Kecamata Lembursitu yang mengembangkan kampung tematik desa wisata bertemakan wisata edukasi agricultural dan alam. "Konsep kampung tematik merupakan desa yang dibentuk berdasarkan satu tema tertentu,’’ ujar Lurah Sindang Sari Kecamatan Lembursitu Firman Taufik kepada Republika.co.id, Kamis (16/1).

Misalkan bertemakan wisata, alam, batik, kuliner khusus, kerajinan, dan lain sebagainya. Namun kampung tematik ini harus mengajak masyarakatnya untuk sama-sama mengembangkan konsep tema yang saling mendukung terhadap tema kampung yang di sepakati bersama warganya.

Firman menuturkan, berdasarkan konsep tersebut dikembangkan sebuah kampung tematik berupa Desa wisata di Kelurahan Sindang Sari Kecamatan Lembur Situ Kota Sukabumi. Dalam hal ini Kelurahan Sindang Sari sudah memulai konsep desa wisata tersebut dengan membuat sebuah lokasi wisata bertemakan wisata edukasi agrikultural dan alam.

Saat ini proses pembangunannya sudah hampir rampung dan akan segera bisa dinikmati oleh warga maupun pengunjung dan salah satu titik diberi nama Taman Sindang Sari. Nantinya lokasi tersebut akan memberdayakan masyarakat yang berperan serta dalam pengelolaan obyek wisata tersebut.

Diantaranya Operator wisata edukasi, penyediaan makan dan minum wisatawan, pembuatan fasilitas wisata, perawatan fasilitas desa wisata. Pengembangan desa wisata ini akan mendapatkan dukungan Pemkot Sukabumi.

"Adanya program kampung tematik ini diharapkan menjadi pemacu berkembangnya Desa Wisata kelurahan Sindang Sari untuk menjadi lebih baik,’’ ucap Firman.

Baca Juga

Harapannya banyak pengunjung wisatawan dan  dapat meningkatkan taraf ekonomi bagi masyarakat Kelurahan Sindang Sari. Kini fasilitas yang sudah dibuat di Desa Wisata Sindang Sari seperti perahu karet, tubing, fasilitas makan minum, gazebo, tenda, kolam, lahan edukasi agriculture, dan operator wisata.

Sementara itu ke depan fasilitas yang dibutuhkan untuk pengembangan selanjutnya adalah icon wisata untuk lebih menarik pengunjung, fasilitas untuk menggugah peran serta warga agar lebih peduli terhadap konsep desa wisata.

Selain itu kata Firman, penambahan fasilitas wisata, edukasi wisata, dan promosi. Sarana yang akan ditambah misalnya kandang untuk kebun binatang mini dan miniatur sawah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA