Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

TNI Temukan Lokasi Pertemuan Separatis Papua

Kamis 16 Jan 2020 13:21 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Teguh Firmansyah

Prajurit TNI dan Polri berjaga di Papua (ilustrasi).

Prajurit TNI dan Polri berjaga di Papua (ilustrasi).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
TNI identifikasi kekuatan separatis yang berjumlah sekitar 70 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI menemukan lokasi pertemuan para anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Dari sana, tim patroli TNI berhasil mengidentifikasi kekuatan KKSB yang berjumlah sekitar 70 orang dengan jumlah senjata 20 pucuk.

"Sebenarnya itu bukan markas ya. Lebih tepat bila disebut lokasi pertemuan para anggota kelompok separatis. Karena mereka selalu berpindah-pindah," jelas Wakapendam XVII/Cendrawasih, Letkol Infanteri Dax Sianturi, saat dikonfirmasi, Kamis (16/1).

Aparat keamanan menemukan lokasi tersebut di Kampung Danggoa, Distrik Agisiga, Intan Jaya, Papua. Meski begitu, tidak ada anggota KKSB yang diamankan dari lokasi tersebut karena mereka langsung lari berpencar ke hutan. Saat kejadian, kata Dax, tidak ada kontak senjata yang terjadi.

"Hanya tim patroli TNI sempat menembak salah satu anggota kelompok separatis yang membawa senjata laras panjang. Tidak ada balasan tembakan dari mereka karena mereka tidak dapat mengidentifikasi posisi tim patroli TNI, sehingga mereka langsung lari berpencar," katanya.

Kini, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat untuk mengamankan lokasi tersebut. Dari sana tim patroli TNI berhasil mengidentifikasi kekuatan kelompok separatis yang ada di Agisiga saat kejadian berjumlah sekitar 70 orang dengan jumlah senjata sekitar 20 pucuk.

"Untuk pengamanan lokasi kejadian, kita koordinasikan dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat," jelasnya.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA