Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Maju Caketum PAN, Mulfachri Gandeng Hanafi Rais

Rabu 15 Jan 2020 15:17 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah

Politikus PAN Mulfachri Harahap menggandeng Hanafi Rais dalam kontestasi caketum PAN.

Politikus PAN Mulfachri Harahap menggandeng Hanafi Rais dalam kontestasi caketum PAN.

Foto: DPR
Hanafi Rais digadang-gadang jadi Sekjen PAN, jika Mulfachri terpilih sebagai ketum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanafi Rais akan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN, bila Mulfachri Harahap terpilih sebagai Ketua Umum PAN dalam kontestasi caketum PAN. Mulfachri sendiri mendapat dukungan dari tokoh sentral sekaligus ayah Hanafi, Amien Rais.

"Memang kami, saya dan Hanafi Rais sudah memulai atau mencoba membangun tradisi baru, di mana pasangan ketum dan sekjen sudah kita tentukan sejak awal," ujar Mulfachri di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1).

Dalam kongres PAN sebelumnya, kata Mulfachri, biasanya sekretaris jenderal diambil dari formatur yang dipilih dari suara terbanyak setelah ketua formatur terpilih.

Baca Juga

Maka, dalam kongres ini Mulfachri dan Hanafi mencoba membangun sebuah tradisi baru agar kader yang memiliki suara berhak untuk lebih tahu sejak awal duet yang akan memimpin partai.

"Siapa dan dengan peformance dari duet seperti itu kira kira harapan partai ini seperti apa. Jadi, sejak awal kita sudah menyampaikan kepada voters inilah pasangan yang nanti kita akan sandingkan dalam memimpin PAN ke depan," ucap Mulfachri.

Mulfachri juga mengaku tak hanya didukung oleh pendiri PAN Amien Rais dalam kontestasi calon ketua umum PAN. Ia mengklaim telah didukung senior - senior PAN lainnya.

"Saya mendapat dukungan tidak cuman dari Pak Amien rais, tetapi saya juga mendapat dukungan dari banyak kader senior, banyak tokoh partai, yang lama tidak terlibat dalam aktivitas partai dalam lima tahun belakangan ini," kata Mulfachri.

Mulfachri tak menyebut identitas tokoh senior yang dimaksud. Namun, dukungan tokoh senior itu dinilainya penting menjadi modal dirinya untuk maju dalam kontestasi caketum yang menjadi salah satu agenda Kongres PAN.

Mulfachri juga enggan berkomentar soal seberapa besar dampak yang ia rasakan terkait dukungan dari Amien. Meskipun, dukungan Amien disebut berbagai pihak krusial. Mulfachri menyatakan dirinya memilih bekerja maksimal dalam memperoleh dukungan.

Sejumlah tokoh PAN diketahui telah menyatakan diri bakal berkontestasi dalam Kongres PAN. Tokoh itu di antaranya, Ketua Umum Pejawat Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Drajad Wibowo, Asman Abnur dan Bima Aria. Kongres PAN akan digelar tanggal 12 Februari 2019. Kongres itu akan digelar di Kendari, Sulawesi Utara.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA