Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Al-Azhar Kelapa Gading Gelar Donor Darah

Rabu 15 Jan 2020 13:55 WIB

Red: Gita Amanda

Al-Azhar Kelapa Gading gelar donor darah.

Al-Azhar Kelapa Gading gelar donor darah.

Foto: Al Azhar Kelapa Gading
Donor darah merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh MPPS Al Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Penunjang Program Sekolah (MPPS) Al-Azhar Kelapa Gading bekerja sama dengan PMI Jakarta Utara mengadakan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di Auditorium Al-Azhar Kelapa Gading pada Selasa (14/1), dimulai dari pukul 08.00-11.00 WIB. MPPS adalah wadah bagi orang tua siswa untuk mensupport program-program sekolah.

Donor darah merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh MPPS setiap empat bulan sekali. Dan donor darah kali ini sudah dilaksanakan yang ke-7 kali dikoordinir oleh Hj. Yuri Mamahit, orang tua siswa SD Islam Alazka.

Kegiatan ini diikuti oleh karyawan, orangtua siswa, siswa SMA yang sudah berusia 17 tahun, warga sekitar Sekolah Al-Azhar Kelapa Gading, dan karyawan perkantoran yang berlokasi di depan sekolah Islam Alazka dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 78 orang. Siswa SMA Islam Alazka cukup antusias mengikuti donor darah, karena ini merupakan pengalaman pertama mereka.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan tidak semua pendonor dapat mendonorkan darahnya. Ada sekitar 27 orang tertolak karena berbagai alasan diantaranya sedang minum obat, hemoglobin rendah, tekanan darah tinggi, dan masih banyak alasan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan pendonor. Sebagai pendonor, sebelum dilakukan pengambilan darah harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter PMI, sehingga kondisi pendonor memang benar-benar fit sebelum darahnya diambil.

photo
Al-Azhar Kelapa Gading gelar donor darah.

Hal ini dilakukan agar setelah diambil darahnya kesehatan pendonor tidak terganggu. Rata-rata pendonor diambil darahnya 1 kantong berisi 250 cc darah.

Selain donor darah, masih banyak aksi sosial lainnya yang dilakukan oleh MPPS diantaranya peduli korban banjir yang melanda Jakarta dan Bekasi yang terjadi pada awal tahun 2020. Meskipun spontan terkumpul dana sebesar Rp 121.800.000 dari siswa TK sampai denga SMA.

Selain disalurkan kepada karyawan Alazka yang terkena korban banjir, MPPS juga memberikan santunan kepada korban banjir di wilayah Cawang, Kampung Makasar, Pondok Gede, dan Duren Jaya Bekasi.

Sebelumnya MPPS juga melakukan kegiatan peduli lansia dan peduli marbot masjid dengan memberikan santunan berupa uang, sembako dan perlengkapan shalat. Kegiatan ini difokuskan di wilayah Kelapa Gading dan wilayah Semper Jakarta Utara. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA