Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Relawan Batam Baru Telah Kumpulkan 10.000 KTP untuk Pilkada

Rabu 15 Jan 2020 02:22 WIB

Red: Bayu Hermawan

Ilustrasi Calon Independen. (Republika/Mardiah)

Ilustrasi Calon Independen. (Republika/Mardiah)

Foto: Republika/Mardiah
Relawan Batam Baru telah kumpulkan 10.000 KTP untuk mengusung calon independen.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Gerakan Batam Baru telah berhasil mengumpulkan 10.250 lembar dukungan dan KTP, untuk mendukung Rian Ernest maju dalam Pilkada Kota Batam melalui jalur independen. KPU mensyaratkan bagi calon independen yang akan maju di Pilkada 2020, harus memenuhi syarat sebanyak 48.816 dukungan atau 7,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu sebelumnya.

"Sejak Ahad (12/1) lalu, jumlah dukungan sudah melampaui 10.000," ujar koordinator pusat Gerakan Batam Baru, Jonathan Sihaloho, Selasa (14/1).

Jonatan mengatakan, pihaknya tetap menargetkan 60.000 KTP untuk Rian. Jonathan optimistis melalui relawan Gerakan Batam Baru di seluruh kecamatan hal tersebut bisa tercapai.

"Kami berupaya lebih dari syarat KPU untuk mengantisipasi saat verifikasi dan administrasi nantinya," katanya.

Ia melanjutkan, Gerakan Batam Baru juga mendirikan lima posko utama yang aktif sebagai tempat pengumpulan dukungan dan KTP masyarakat. "Masyarakat dan relawan bisa menyerahkan dukungan langsung ke posko tersebut," ujarnya lagi.

Gerakan Batam Baru juga mengadakan acara dan diskusi seputar permasalahan Kota Batam. Diskusi yang menghadirkan Rian Ernest sebagai calon independen ini, mengundang komunitas-komunitas terkait isu dan masyarakat umum.  "Di sana kami juga mengumpulkan dukungan dan KTP," ucapnya.

Selain itu, Batam Baru bersama Rian Ernest dan wakilnya Yusiani Gurusinga juga aktif turun langsung ke lapangan. Mereka menjaring aspirasi dan keluhan masyarakat sekaligus menghimpun dukungan dan KTP.

Saat ini, para relawan memiliki target mengumpulkan setidaknya 1,100 dukungan setiap harinya dari seluruh Batam. Target harian ini terus naik seiring semakin dekatnya waktu penyerahan dukungan ke KPUD Batam tanggal 19-23 Februari 2020.

Angka 10,000 KTP ini juga tercatat sudah melewati perolehan beberapa partai non parlemen seperti Berkarya, PKPI, PBB, dan Garuda saat Pileg DPRD 2019 lalu.  "Semangat relawan juga terus meningkat setiap hari dengan pencapaian ini," kata Frans.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA