Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Korban Banjir Cipinang Melayu Masih Perlu Layanan Kesehatan

Selasa 14 Jan 2020 20:53 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Petugas Kepolisian mengevakuasi korban banjir di Kampung Bayur, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Rabu (1/1).

Petugas Kepolisian mengevakuasi korban banjir di Kampung Bayur, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Rabu (1/1).

Foto: Thoudy Badai_Republika
Penyakit mulai menyerang sejumlah warga Cipinang Melayu pascabanjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga terdampak banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, hingga saat ini masih memerlukan pelayanan kesehatan dari pemerintah daerah.

Ketua RW 11 Suyatmandi Jakarta, Selasa (14/1), mengatakan pascabanjir sejumlah penyakit mulai menyerang masyarakat di antaranya flu, sesak napas hingga chikungunya. "Pengobatan dari dinas kesehatan belum maksimal," katanya.

Ia mengakui pengobatan oleh masyarakat saat ini, masih bersifat swadaya. Selain itu,dirinya berupaya menggandeng beberapa dokter yang secara pribadi mau membantu memeriksa kesehatan warga.

Hal senada disampaikan Ketua RW 12 Hanggo Djalu, pascabanjir di Cipinang Melayu, keluhan kesehatan mulai disampaikan masyarakat.

"Warga saya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas yang bekerjsama dengan salah satu perusahaan negara," jelas Hanggo.

Sementara itu, Lurah Cipinang Melayu Agus Sulaeman mengatakan pascabanjir para tenaga kesehatan telah mengunjungi semua lokasi di wilayahnya.

Sebagian tenaga kesehatan itu bekerjasama dengan pihak-pihak lain untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga terdampak. "Mungkin pada saat itu, warga masih ada yang sibuk bersih-bersih rumah, sehingga tidak sempat memeriksakan diri. Nanti kita jadwal kembali," jelas Agus.

Terkait dengan munculnya penyakit pascabanjir, Agus menyatakan jika itu ditemukan langsung diobati. Bahkan kata dia, pengobatan juga diberikan kepada para petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang membantu di lokasi banjir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA