Sabtu, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 Januari 2020

Sabtu, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 Januari 2020

Ketua Komisi X DPR Dorong Kemajuan Budaya dan Pancasila.

Selasa 14 Jan 2020 20:37 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil

Ketua Komisi X Dorong Kemajuan Budaya dan Pancasila. Foto: Ilustrasi Pancasila

Ketua Komisi X Dorong Kemajuan Budaya dan Pancasila. Foto: Ilustrasi Pancasila

Foto: Republika/Mardiah
Penyebaran budaya dan Pancasila bisa dilakukan melalui platform media digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi X DPR mengapresiasi langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang bersedia berkolaborasi dengan platform film digital. Langkah tersebut dinilai perlu didukung bila memang dilakukan untuk kemajuan kebudayaan dan mendorong nilai Pancasila.

"Jika tujuannya untuk menyebarkan semangat Pancasila dan memajukan kebudayaan nasional melalui film, terutama di generasi muda, maka harus diapresiasi," ujar Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Senin (13/11).

Hetifah menyadari, saat ini era digital sudah mulai mendominasi sendi - sendi kehidupan masyarakat. Sehingga, menurutnya tepat bila menyusun strategi penyebaran konten Pancasila dan budaya dengan memanfaatkan platform media digital.
 
"Generasi muda sekarang mayoritas sukanya menonton tayangan berbasis streaming. Di situ bisa ditanamkan nilai Pancasila sambil bekerjasama dengan sineas muda Indonesia," kata Hetifah.
 
Sebelumnya, Nadiem Makarim berkolaborasi dengan Netflix untuk mendukung karya film nasional. Nadiem berharap, dengan kemitraan ini bakal mendongkrak produksi film buatan anak bangsa ke level internasional.

Nadiem mengatakan, kerja sama itu diharapkan dapat membuat Pancasila kian dipahami lebih dari sekadar menghafal, sehingga esensinya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Sudah waktunya Pancasila jadi cool lagi," kata Nadiem Makarim di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1).

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA