Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Begini Sepak Terjang CFO Baru Carsome

Rabu 15 Jan 2020 03:03 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Begini Sepak Terjang CFO Baru Carsome. (FOTO: Carsome)

Begini Sepak Terjang CFO Baru Carsome. (FOTO: Carsome)

Dia membawa pengalaman luas di strategi pertumbuhan dan perencanaan modal.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Carsome, secara resmi mengumumkan penambahan karyawan senior ke tim kepemimpinannya. Juliet Zhu telah ditunjuk sebagai Chief Financial Officer Carsome. Dia membawa pengalaman luas di strategi pertumbuhan dan perencanaan modal setelah bekerja di industri investasi di seluruh China, India, dan yang terpenting, Asia Tenggara. 

Ini termasuk terbaru dengan Fosun RZ Capital, Global Venture Capital (VC) di bawah konglomerat Fosun Group yang terdaftar multi-miliar dolar AS, sebagai serta perusahaan modal ventura lain yang fokus di Asia Tenggara seperti Jubilee Capital Management dan Cento Ventures.

Baca Juga: Carsome Dapat Pendanaan Seri C Sebesar US$50 Juta

Sebelum masa jabatannya sebagai kapitalis ventura, ia mengasah keterampilannya dalam memahami fundamental bisnis sebagai analis ekuitas. Kemudian, sebagai manajer portofolio berfokus pada ruang TMT di hedge fund butik jangka pendek tempat dia mengusulkan dan mengeksekusi posisi sell di Twitter dan Zynga di antara perdagangan lainnya.

Sebagai Kepala Keuangan, Juliet akan membawa wawasan dan kepemimpinannya dari pengalamannya Venture Capital untuk mendorong strategi pertumbuhan Carsome untuk bisnis inti dan vertikal baru, pengembangan ekosistem melalui kemitraan dan M&A, dan mengawasi semua manajemen modal termasuk ekuitas dan penggalangan dana utang.

Mengikuti pendanaan Seri C yang berhasil dari Carsome di Desember 2019, penambahan Juliet akan memperkuat kepemimpinan regional Carsome di industri dengan memperluas ekosistem produk dan penawarannya, termasuk pembiayaan, garansi, dan pertanggungan. Carsome bertujuan untuk secara operasional menguntungkan di Indonesia dan Thailand pada akhir tahun 2020 dan telah mencapainya di Malaysia sejak 2019.

Dari posisi dewan sebelumnya, Juliet telah membangun pengetahuan dan pengalaman yang mendalam dalam pengembangan bisnis, manajemen modal, serta investasi strategis dan M&A-nya pengalaman akan memperkuat posisi Carsome dalam persaingan untuk mendapatkan modal dari global investor.

"Kami sangat senang menyambut Juliet di Carsome," kata Eric Cheng, CEO, dan Co-Founder Carsome dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/1/2020).

"Kami telah mengenal Juliet sejak 2016 dan dia tetap dekat dengan kami dan industri selama ini beberapa tahun terakhir. Dia tahu segalanya tentang Carsome dan sangat berpengalaman dalam hal ini nuansa pemain industri dan ekosistem kami di China, India, AS, dan Eropa. Dia akan membawa kepemimpinan yang diperlukan dan pemikiran strategis untuk tim dan mengambil platform Carsome di Tenggara Asia ke tingkat yang lebih tinggi," tambahnya.

"Pada peran saya sebelumnya dengan Fosun RZ Capital, kami telah melakukan horizontal paling menyeluruh perbandingan peluang sektor dan model bisnis di China, AS, India, dan Tenggara Asia. Pasar mobil bekas di Asia Tenggara adalah salah satu yang paling menggairahkan, tetapi bersahaja peluang di kawasan itu," kata Juliet dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/1/2020).

"Saya telah melihat pertumbuhan Carsome selama beberapa tahun terakhir dan saya makin yakin model bisnis dan tim. Ini bukan bisnis untuk oportunis karena membutuhkan fokus, ketekunan, dan banyak pekerjaan kasar untuk membangun.

Tim Carsome telah membuktikan grit mereka. Saya berharap dapat memainkan bagian saya selama waktu penting ini di industri dan sejarah perusahaan dan akan menggunakan semua yang saya miliki untuk menjalankan visi kita semua percaya pada," lanjutnya.

Di luar sektor jasa keuangan, Juliet memiliki hasrat untuk menulis. Dia adalah seorang penulis naskah yang rajin dengan delapan karya yang dihasilkan oleh berbagai teater lokal. Juliet juga telah menerbitkan komentar tentang ekonomi dan bisnis di majalah bisnis dan kolom.

Dia adalah seorang investor aktif di perusahaan swasta dan publik, terutama di sektor teknologi. Pengangkatannya mengikuti periode percepatan pertumbuhan regional untuk Carsome, menandakan langkahnya sebagai platform perdagangan mobil bekas terkemuka di Asia Tenggara. 

Pada Desember 2019, Carsome dibesarkan Pendanaan Seri C 50 juta dolar AS dari investor, termasuk Mitra Inovasi MUFG, Daiwa PI Mitra, Endeavour Catalyst, dan Ondine Capital. Putaran pembiayaan terbaru membawa total dinaikkan oleh perusahaan menjadi 85 juta dolar AS.

Pada November 2019, Carsome bermitra dengan Pendanaan Masyarakat Malaysia, platform pembiayaan peer-to-peer (P2P), menawarkan hingga US$ 200 juta pembiayaan ke dealer mobil lokal untuk pembelian kendaraan bermotor bekas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA