Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

8 Tahun Berdarah, Pengiriman PC Akhirnya Sumringah

Rabu 15 Jan 2020 07:07 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

8 Tahun Berdarah, Pengiriman PC Akhirnya Sumringah. (FOTO: Unsplash/The Creative Exchange)

8 Tahun Berdarah, Pengiriman PC Akhirnya Sumringah. (FOTO: Unsplash/The Creative Exchange)

IDC melaporkan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia tumbuh 2,7 persen.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Pasar PC di seluruh dunia hanya tumbuh secara konsisten untuk pertama kalinya dalam delapan tahun, menurut perusahaan riset pasar IDC dan Gartner. Dilansir dari TheVerge (14/1/2020), IDC melaporkan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia tumbuh 2,7 persen menjadi 266,7 juta perangkat secara global, sementara Gartner menetapkannya 0,6 persen menjadi 261,2 juta perangkat. 

2018 mencatat pertumbuhan kuartal pertama pasar dalam enam tahun, tetapi pada 2019 ini akhirnya mengarah ke pertumbuhan setahun penuh, pasar pertama sejak 2011.

Baca Juga: Asyik, Acer Berikan Service Gratis Laptop dan PC Terendam Banjir

Meskipun Gartner dan IDC secara luas menyetujui arah pasar PC saat ini meningkat, kedua perusahaan menghitung perangkat sedikit berbeda. Kedua perusahaan tersebut mencakup desktop, notebook, dan tablet yang dapat dilepas seperti Surface, tetapi Gartner mengecualikan Chromebook.

Baik IDC dan Gartner mengutip peningkatan Windows 10 pada titik baliknya ditandai dengan Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 7 hari ini yang membuat pelaku bisnis di seluruh dunia dipaksa untuk memperbarui perangkat warisan mereka, yang mengarah ke "permintaan bisnis yang dinamis" untuk Windows 10, menurut Gartner. 

Windows 10 diinstal pada 900 juta perangkat pada September tahun lalu, menurut Microsoft. Data dari NetMarketShare menunjukkan masih ada jutaan PC yang belum melakukan upgrade dengan Windows 7 masih digunakan pada lebih dari 30 persen desktop.

IDC mengatakan bahwa manfaat dari kebutuhan untuk meningkatkan ke sistem operasi baru sepertinya tidak akan bertahan lama, dan sementara teknologi baru seperti 5G dan perangkat layar ganda dan layar lipat ini akan membutuhkan waktu untuk tiba.

Akhirnya Microsoft akan harus berhenti mendukung Windows 8, tetapi pangsa pasar sistem operasi sangat kecil dibandingkan dengan Windows 7 sehingga tidak mungkin mengarah pada jumlah peningkatan yang sama.

Tidak semua berita baik untuk pasar PC pada tahun 2019. Gartner menyebut kekurangan CPU Intel sebagai "masalah utama" dan IDC melaporkan bahwa situasinya terbantu dengan penerapan CPU AMD. Kinerja juga bervariasi antar-perusahaan. 

Tiga produsen PC teratas yakni Lenovo, HP, dan Dell semuanya melihat pertumbuhan pengiriman, tetapi Apple dan Acer yang berada di urutan keempat dan kelima melihat pengiriman PC menurun antara 2018 dan 2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA