Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Warga Heboh Temuan Gentong Raksasa di Eks Pegadaian Losarang

Selasa 14 Jan 2020 20:00 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

Benda kuno (ilustrasi).

Benda kuno (ilustrasi).

Foto: Orkney.com
Temuan gentong raksasa dilaporkan ke Balai Arkeologi Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Masyarakat Blok Karanganyar, Desa Jangga, Kecamatan Losarang, dihebohkan dengan adanya temuan bangunan misterius di lahan kosong eks kantor Pegadaian Losarang. Temuan itu telah diinformasikan ke Balai Arkeologi Jawa Barat di Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Baca Juga

Bangunan yang menyerupai gentong raksasa itu memiliki tinggi lebih dari lima meter dan diameter dua meter. Bangunan tersebut terbuat dari bahan bata merah yang tersusun dengan perekat bahan yang sama (bubuk bata dicampur kapur).

Menurut informasi yang berkembang di masyarakat setempat, bangunan itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Namun, bangunan itu semula terkubur di dalam tanah. Wujud bangunan akhirnya baru terlihat setelah dilakukan upaya penggalian.

‘’Ada empat bangunan seperti ini sekitar tahun 50-an. Tidak tahu fungsinya untuk apa,’’ kata salah seorang sesepuh masyarakat Jangga, Amin Mbay, Selasa (14/1).

Masyarakat setempat menyebut bangunan itu dengan istilah "Kong". Namun, belum diketahui  makna dari kata ‘’Kong’’ dan keterkaitannya dengan struktur bangunan tersebut.

Selain satu bangunan yang kini telah dilakukan penggalian, tiga bangunan lainnya masih terimbun di bawah bangunan kantor PLKB di lingkungan Kantor Kecamatan Losarang.

Amin memperkirakan, bangunan tersebut sezaman dengan kantor eks Pegadaian. Kantor itu sempat dibakar pada masa DI/TII tahun 1955 - 1960.

Saat ini, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu telah melakukan pendataan awal dan mengumpulkan informasi dari masyarakat mengenai struktur bangunan tersebut.

Ketua TACB Indramayu, Dedy Musashi, menjelaskan, struktur bangunan tersebut diperkirakan berfungsi sebagai wadah penyimpanan. Namun, dia belum dapat memastikan keterkaitan bangunan tersebut dengan kantor Pegadaian di masa silam.

‘’Temuan itu sudah kami informasikan ke Balai Arkeologi Jawa Barat di Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Banten,’’ tandas Dedy.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA