Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

WNA Aljazair Ditemukan Terapung di Laut Timor

Senin 13 Jan 2020 22:57 WIB

Red: Israr Itah

Laut Timor (ilustrasi). Seorang WNA Aljazair terombang-ambing di Laut Timor karena mencoba berenang dari Timor Leste ke Australia.

Laut Timor (ilustrasi). Seorang WNA Aljazair terombang-ambing di Laut Timor karena mencoba berenang dari Timor Leste ke Australia.

Foto: ABC
Abdurahman terombang-ambing setelah tak mampu berenang dari Timor Leste ke Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Seorang pria bernama Abdurahman Haminoum (31) berkewarganegaraan Aljazair ditemukan nelayan Kabupaten Malaka, NTT berada di tengah laut di Perairan Laut Timor. Abdurahman terombang-ambing setelah tak mampu berenang dari Suai, Timor Leste ke Australia.

Kapolres Malaka AKBP Albert Neno dihubungi Antara dari Kupang, Senin (13/1) mengatakan bahwa WNA Aljazair itu ditemukan sedang mengapung di tengah laut oleh nelayan-nelayan di Kabupaten Malaka yang tengah mencari ikan di perairan Laut Timor tersebut.

"Pria tersebut langsung dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan pertolongan pertama. Karena saat ditemukan oleh para nelayan, kondisi tubuhnya sudah lemas sekali," katanya.

Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, Abdurahman mengaku terpaksa berenang ke Australia karena menurut pengakuan dari warga di Suai Timor Leste, jarak antara Timor Leste dan Australia sangatlah dekat.

Kenekatan ia berenang tanpa alat bantu itu karena awalnya ia hanya seorang wisatawan backpaker yang sering berkeliling negara. Saat tiba di Timor Leste khususnya di Kota Suai, Abdurahman kehabisan uang.

Ia kemudian bingung harus mencari uang kemana lagi. Semakin lama di Timor Leste masa berlaku visanya habis, sehingga ia harus segera memperpanjang visanya. Namun apa daya, tak ada uang untuk memperpanjang visa tersebut.

"Sehingga ia memutuskan untuk berenang ke Australia. Namun karena cuaca buruk dan angin kencang di perairan itu, iapun sulit untuk berenang," tambah Albert.

Albert mengaku saat membesuk Abdurahman yang dirawat di RS Betun kondisi tubuh WNA itu sangatlah lemas dan tak berdaya karena selama hampir dua hari berada di tengah laut berusaha menyeberang ke Australia.

Namun siang tadi saat kondisi tubuhnya sudah membaik, WNA itu langsung dijemput oleh sejumlah staf dari Kantor Imigrasi Kelas II B Atambua untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kebetulan memang yang bersangkutan sudah banyak istirahat sejak dia ditemukan dan dibawa oleh nelayan di Malaka ke RS Betun pada Sabtu (11/1) malam lalu," ujar dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA