Selasa 14 Jan 2020 00:09 WIB

Nissan Turut Tawarkan Layanan Bagi Mobil Korban Banjir

Nissan menawarkan layanan diskon 35 persen untuk suku cadang dan 45 persen untuk jasa

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Gita Amanda
Suasana ruang service dealer Nissan Datsun.
Foto: Dok Nissan
Suasana ruang service dealer Nissan Datsun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal tahun ini, sejumlah mobil milik masyarakat di Jakarta dan sekitarnya sempat menjadi korban banjir. Hal ini kemudian memantik sejumlah pabrikan untuk menghadirkan program khusus. Tak ingin ketinggalan, Nissan Indonesia pun menawarkan dukungan layanan kepada para pelanggan Nissan dan Datsun yang kendaraannya terkena dampak di Jabodetabek, Serang, Karawang dan Bandung.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, mengatakan lewat program ini Nissan menawarkan layanan diskon 35 persen untuk suku cadang dan 45 persen untuk biaya jasa. Program ini berjalan hingga 10 Maret 2020 dan berlaku untuk pelanggan yang mendatangi dealer Nissan dan Datsun di wilayah Jabodetabek, Serang, Karawang dan Bandung.

Baca Juga

“Kami turut prihatin kepada mereka yang terkena dampak banjir dan kami berharap untuk pemulihan selekas mungkin. Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan kami di daerah yang dilanda banjir. Bersama dengan mitra dealer kami, kami telah mengaktifkan jaringan layanan untuk membantu pelanggan yang terkena dampak banjir pada saat mereka membutuhkannya,” kata Isao Sekiguchi dalam keterangan pers kepada Republika pada Senin (13/1).

Selain memberikan layanan khusus, Nissan Indonesia pun mengeluarkan petunjuk keselamatan yang penting bagi pelanggan selama musim hujan. Dengan petunjuk ini, diharapkan masyarakat dapat besikap dengan tepat saat menghadapi banjir.

Dalam musim hujan, masyarakat sangat disarankan untuk menghindari daerah-daerah tertentu yang diketahui rawan banjir dan kemudian mencari rute lain. Penting untuk memperhatikan kedalaman air yang dapat dilalui jenis mobil Anda, agar Anda tidak terjebak di tengah banjir.

Jika harus melewati genangan yang masih dapat dilalui mobil, pastikan menggunakan kecepatan rendah kurang dari tiga kilometer per jam untuk dapat membuat gelombang haluan yang menjauhkan air dari mesin. Selain itu, sangat disarankan untuk tetap menjaga kecepatan konstan kendaraan dan tidak melepas pedal gas.

Menurutnya, banjir dapat menimbulkan risiko kerusakan serius pada mobil, seperti masuknya air ke mesin dan area transmisi, berkaratnya komponen logam, dan masalah kelistrikan. Oleh karena itu, terdapat sejumlah hal lain yang perlu diperhatikan agar kerusakan itu tidak terjadi.

Jika tengah terjebak banjir, disarankan agar jangan panik dan keluar dari kendaraan kemudian cari  tempat yang lebih aman. Selanjutnya, jangan menyalakan mesin, bahkan setelah banjir surut karena hal ini berpotensi menimbulkan kerusakan pada mesin, terutama pada elemen kelistrikan.

“Setelah itu, segera hubungi dealler Nissan Datsun untuk mendapatkan bantuan. Hal ini sangat penting agar setiap tindakan dilakukan dengan tepat oleh teknisi yang berkompeten,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement