Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

AC Milan Resmi Kembalikan Caldara ke Atalanta

Senin 13 Jan 2020 15:06 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Mattia Caldara

Mattia Caldara

Foto: EPA-EFE/Claudio Giovannini
Caldara pernah mengalami dua kali cedera parah.

REPUBLIKA.CO.ID, BERGAMO -- Mattia Caldara akhirnya resmi kembali memperkuat Atalanta setelah selama 18 bulan dipinjamkan ke AC Milan. Bek berusia 25 tahun itu memang mengawali karier di klub asal Bergamo tersebut, sebelum akhirnya sempat direkrut Juventus dan Milan dalam dua musim terakhir.

Pada awal bursa transfer pertengahan 2017/2018, Atalanta sepakat melepas Caldara ke Juventus dengan nilai transfer, ditambah bonus, mencapai 25 juta euro. Namun, selama setengah musim berikutnya, Caldara tidak langsung hijrah ke Si Nyonya Tua, tapi tetap memperkuat Atalanta sebagai pemain pinjaman.

Kendati begitu, belum sempat tampil mengenakan seragam Juventus di pentas Serie A Liga Italia, manajemen Si Nyonya Tua justru tertarik dengan pinangan AC Milan terkait transfer Caldara. Bek tengah asal Italia itu pun resmi menjadi miliki I Rossoneri pada awal musim ini, dengan nilai transfer total mencapai 35 juta euro.

Namun, dua kali mengalami cedera, yaitu cedera robek cruciate ligament dan otot tendon, membuat Caldara kehilangan posisi di skuat utama Milan. Meski telah sembuh dari cedera sejak November lalu, Caldara lebih banyak menghuni bangku cadangan.

Selama bergabung bersama AC Milan, Caldara hanya tiga kali mengenakan seragam Milan, itu pun saat tampil untuk tim primavera 2A. Manajemen Milan akhirnya memutuskan untuk meminjamkan Caldara ke Atalanta pada pertengahan musim ini.

Seperti dilansir Football Italia, La Dea, julukan Atalanta, meminjam Caldara tanpa mengeluarkan uang kompensasi sepeser pun. Bahkan, di akhir masa peminjaman, Atalanta memiliki opsi pembelian permanen dengan tambahan nilai transfer sebesar 15 juta euro. Kepindahan ini pun akhirnya dikonfirmasi Atalanta.

''Pemain yang mewakili semangat Bergamo, Mattia akhirya kembali mengenakan seragam Nerazzurri (biru-merah yang merupakan warna jersey Atalanta) setelah dua tahun hengkang. Caldara berniat untuk kembali menorehkan sejarah indah bersama Atalanta. Selamat datang, Mattia,'' tulis keterangan resmi Atalanta lewat laman resminya, Senin (13/1).

Caldara pun mengakui, tidak mau melewatkan kesempatan untuk memulai awal baru bersama Atalanta, terlebih setelah dua cedera parah yang dialaminya. Caldara bertekad untuk membayar kepercayaan Atalanta dan berusaha menemukan kembali performa terbaiknya.

''Ini adalah awal baru. Saya tidak turun ke lapangan dalam satu setengah tahun terakhir. Jadi, saya tahu akan sulit untuk bersaing di tim utama. Namun, sekarang saya jauh merasa lebih baik. Saya tinggal menemukan konsistensi dan kepercayaan diri kembali,'' ujar Caldara.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA