Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Siklon Tropis Claudia Landa NTT

Ahad 12 Jan 2020 23:57 WIB

Red: Bayu Hermawan

Badai tropis (ilustrasi)

Badai tropis (ilustrasi)

Foto: Bureau of Meteorology
Siklon tropis Claudia kategori dua dilaporkan landa wilayah Selatan NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Siklon tropis Claudia kategori dua dilaporkan melanda wilayah Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT). Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan siklon tropis Claudia akan semakin kuat.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada 12 Januari 2020 , teridentifikasi siklon tropis Claudia kategori dua berada di Samudra Hindia sebelah Selatan NTT," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi di Kupang, Ahad (12/1).

Agung mengemukakan hal itu berkaitan dengan penyebab hujan disertai angin kencang melanda wilayah provinsi berbasis kepulauan itu, sejak pagi. Menurutnya, siklon tropis Claudia kategori dua berada di Samudra Hindia sebelah Selatan NTT, dengan koordinat 14.0LS, 123.6BT atau 364 km tengggara Stasiun Meteorologi DC Saudale Rote Ndao.

Kondisi ini menyebabkan terjadi pertemuan angin (konvergensi) serta belokkan angin di atas wilayah NTT. Selain itu, anomali suhu muka laut di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara berkisar -0.5° celsius hingga +1.75° celsius yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan angin kencang.

Kondisi inilah yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mencapai >30 km/jam di hampir seluruh wilayah NTT dalam periode beberapa hari ke depan.

Wilayah yang paling berpotensi terjadinya cuaca ekstrem, terutama berada di wilayah Kabupaten Sabu, Rote Ndao, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, Malaka, Lembata, Nagekeo, Alor, sebagian Flores Timur, serta Sumba Timur.

Berkaitan dengan itu, masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, sambaran petir dan jalan licin.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA