Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

TransJakarta Siapkan Armada untuk Antisipasi Banjir

Ahad 12 Jan 2020 02:24 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Endro Yuwanto

TransJakarta (ilustrasi)

TransJakarta (ilustrasi)

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Musim hujan diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi musim penghujan, TransJakarta akan menyiapkan armada yang siap hadapi genangan banjir. Hal ini terkait hujan yang diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Nadia Diposanjoyo mengatakan, upaya ini merupakan langkah antisipatif kesiapan PT Transjakarta agar tetap dapat melayani pelanggan dengan baik.

TransJakarta sudah melakukan antisipasi menggunakan berbagai model. Di antaranya model rute poros, rute pengalihan terdekat, rute perpendekan dan perpanjangan, rute mix koridor, serta mix armada.

"Kami juga menyiapkan kualitas armada yang siap mengadang banjir. Semua bus yang terkena banjir pada awal tahun lalu sudah selesai dilakukan perawatan, " ujar Nadia, Sabtu (22/1).

Nadia menambahkan, pihaknya juga melakukan penempatan dan perubahan posisi armada pada depo terdekat rute dan perubahan posisi penempatan lokasi armada low entry yang rentan banjir. “Armada-armada tangguh yang masih mampu menerjang banjir pada ketinggian tertentu, dilokasikan pada rute yang kemungkinan akan ada genangannya,” ujar dia.

Selain armada dan rute, lanjut Nadia, hal lain yang dilakukan adalah mempersiapkan genset dan penambahan shelter untuk berteduh pada lokasi bus stop tertentu. Tidak hanya itu, lanjut dia, TransJakarta juga menyiapkan formasi petugas piket hingga petugas pelayanan dan petugas pengamanan jalur.

"Kami juga menyiapkan lampu emergency, obat obatan, titik posko terdekat yang disiapkan oleh BPBD, nomor telepon bantuan bencana, tim medis, dan transcare untuk pelanggan berkebutuhan khusus," jelas Nadia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA