Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Chelsea Lumat Burnley 3-0

Ahad 12 Jan 2020 00:29 WIB

Red: Agung Sasongko

Jorginho dan Michy Batshuayi merayakan gol ke gawang Burnley.

Jorginho dan Michy Batshuayi merayakan gol ke gawang Burnley.

Foto: EPA-EFE/VICKIE FLORES
Chelsea berusaha menekan sejak awal laga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea melumat tamunya Burnley tiga gol tanpa balas pada laga pekan ke-22 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (11/1).
Jorginho, Tammy Abraham dan Callum Hudson-Odoi memastikan Chelsea merasakan kemenangan lagi di kandangnya sendiri, setelah dua penampilan sebelumnya di Stamford Bridge berakhir dengan kekecewaan.

Hasil itu membuat tim besutan Frank Lampard kini mengoleksi 39 poin di peringkat keempat klasemen, sedangkan Burnley (24) tertahan di urutan ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Chelsea berusaha menekan sejak awal laga dan hampir unggul jika saja tembakan Willian yang mengarah ke tiang jauh tak membentur Ben Mee dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ke-18, publik tuan rumah sempat terdiam ketika Mee meneruskan tendangan bebas Dwight McNeil dengan sundulannya untuk diselesaikan Jeff Hendrick di area tiang jauh, tetapi gol itu dianulir karena hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera pertanda offside yang kemudian dikonfirmasi oleh VAR.

Keberuntungan berbalik bagi Burnley ketika Matthew Lowton melakukan pelanggaran yang tidak perlu dengan menjegal Willian di dalam area terlarang sehingga wasit segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan baik oleh Jorginho yang menjadi algojo dan memperdaya kiper Nick Pope untuk membawa Chelsea unggul pada menit ke-27.

Burnley kembali menekan tuan rumah tetapi tendangan bebas McNeil berhasil ditepis kiper Kepa Arrizabalaga pada menit ke-33 dan dua menit kemudian Ross Barkley menyapu bola tepat di garis gawang mengamankan tandukan Mee.

Perjuangan Burnley seolah terbuang sia-sia ketika Pope melakukan kesalahan menabrak Mee untuk mengantisipasi umpan silang Reece James, sehingga bola memantul ke arah Abraham yang melesakkannya ke gawang tak bertuan pada menit ke-38.

Dua menit kemudian, Pope berusaha membayar kesalahannya dengan menggagalkan James dalam situasi satu lawan satu demi mencegah gawang Burnley kebobolan lebih banyak hingga turun minum.

Empat menit usai sepak lanjut, Chelsea menambah keunggulan mereka lewat penyelesaian Hudson-Odoi menyambut umpan silang Cesar Azpilicueta. Gol itu sempat ditinjau VAR sebelum dipastikan keabsahannya.

Chelsea kian menekan Burnley, tetapi Abraham membuang dua kesempatan untuk memperbesar keunggulan Chelsea, demikian juga peluang Willian dan Mason Mount yang digagalkan Pope.

Kendati tak bisa menambah besaran kemenangan mereka, Chelsea akhirnya memastikan kembali meraih tiga poin di kandang sendiri ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Chelsea selanjutnya akan bertandang ke markas Newcastle United untuk laga pekan ke-23, pada Sabtu (18/1) waktu setempat, sedangkan Burnley baru main sehari berselang menjamu Leicester City.

Susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Antonio Rudiger, Andreas Christensen, Cesar Azpilicueta; Ross Barkley, Jorginho, Mason Mount; Willian, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi

Pelatih: Frank Lampard

Burnley (4-4-1-1): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Aaron Lennon, Ashley Westwood, Jack Cork, Dwight McNeil; Jeff Hendrick (Matej Vydra); Chris Wood

Pelatih: Sean Dyche

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA