Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Persebaya Kalahkan Persis Solo di Laga Ujicoba

Sabtu 11 Jan 2020 23:04 WIB

Red: Agung Sasongko

Persebaya

Persebaya

Foto: Liga Indonesia
Persebaya ambil inisiatif menyerang di menit-menit awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- persebaya-surabaya">Persebaya Surabaya mengalahkan Persis Solo dengan skor 4-0 pada laga uji coba bertajuk “Forever Game” di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu malam.

Keempat gol tuan rumah dicetak masing-masing oleh Hansamu Yama menit ke-29, Patrich Wanggai menit ke-72, Alwi Slamat menit ke-75, dan Osvaldo Haay menit ke-82.

Pada babak pertama, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang di menit-menit awal, bahkan dalam 10 menit tercipta dua peluang emas dari Supriyadi. Pemain muda Persebaya tersebut mendapat kesempatan mencetak gol melalui aksi individunya, tapi masih digagalkan dua kali oleh kiper Persis Solo Sendri Johansyah.

Bersamaan dengan peluang kedua Supriyadi, kiper Persis Solo harus meninggalkan lapangan terlebih dahulu karena cedera dan digantikan Wildan Mauludin. Tim tamu bukannya tanpa peluang, beberapa kali barisan pertahanan Persebaya harus bekerja keras mengamankan daerahnya agar tidak mudah ditembus.

Penampilan kiper muda Persebaya Ernando di babak pertama layak mendapat acungan jempol karena pada laga perdananya bersama tim senior mampu menunjukkan kualitasnya, termasuk menggagalkan peluang Persis Solo.

Persebaya akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-29 melalui Hansamu Yama Pranata yang sukses mencetak gol melalui titik penalti.

Hadiah bagi “Bajul Ijo” diberikan wasit Tabrani setelah striker baru Persebaya Patrich Wanggai dilanggar di kotak terlarang pada menit ke-28.

Usai gol tersebut, permainan Persebaya menurun dan tim lawan justru mampu mengacak-acak pertahanan yang dikawal Hansamu Yama dan Arief Satria.

Pada babak kedua, pelatih Persebaya Aji Santoso memasukkan dua pemain sekaligus, yaitu Rendi Irwan dan Irfan Jaya menggantikan Zulfikar serta Supriyadi.

Pada menit ke-50, Persis Solo harus bermain dengan 10 pemain setelah pemain naturalisasi Bruno Casmir dikartu merah karena mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Rendi Irwan.

Meski unggul jumlah pemain, Persebaya masih kesulitan menembus pertahanan Persis Solo, bahkan serangan-serangan dari kedua sayap kerap mudah digagalkan.

Pada menit ke-72 akhirnya tuan rumah menggandakan keunggulan melalui Patrich Wanggai usai menerima umpan cantik Irfan Jaya.

Tiga menit berselang, Persebaya semakin memperbesar kedudukan menjadi 3-0 setelah tendangan menyusur tanah jarak jauh Alwi Slamat sukses menembus jala gawang Persis Solo.

Tak cukup sampai di situ, menit ke-82 giliran Osvaldo Haay mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol melalui sontekan di dalam kotak penalti memanfaatkan umpan Irfan Jaya.

Pada sisa waktu, tak ada gol lagi tercipta dan skor akhir 4-0 untuk kemenangan Persebay

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA