Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Andy Robertson Bocorkan Rahasia Gedor Pertahanan Lawan

Jumat 10 Jan 2020 01:05 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Andy Robertson

Andy Robertson

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Robertson tercatat jadi salah satu penyedia assist terbanyak di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Bek sayap kiri Liverpool Andy Robertson buka-bukaan soal rahasia umpannya untuk menggedor lawan. Robertson tercatat sebagai salah satu penyedia umpan atau assist terbanyak di Liga Primer Inggris.

Robertson mengatakan, posisinya sebagai bek sayap memudahkannya melakukan umpan silang. Ia juga memanfaatkan pengetahuannya yang pernah mengisi posisi bek tengah untuk mencari celah. Dengan dukungan Trent Alexander-Arnold di sayap kanan, keduanya menyuplai bola-bola mematikan ke gawang lawan.

"Ketika saya berlari, saya mencari celah antara bek dan kiper. Saya tahu sebagai bek bahwa ruang itu yang Anda tak perlu pertahankan," kata Robertson dilansir dari Daily Mirror pada Kamis (9/1).

Saat berlari, Robertson mencoba mengecoh pertahanan lawan. Dan ketika sudah terlalu maju ke depan, ia sudah memberikan sedikit dorongan pada lawan agar striker merangsek mendekati gawang lawan. "Hasil manis yang menonjol adalah di Tottenham Hotspur musim lalu, dari kaki saya memberi umpan sempurna dan untungnya Bobby Firmino mampu mencetak gol pada akhirnya," kenangnya.

Robertson mengungkap target umpannya biasa menyasar Firminho atau Muhammad Salah. Ia cenderung tak mengumpan pada Sadio Mane. "Buat saya, saya selalu mencari Firmino atau Mo jika ingin mengumpan. Saya tahu Sadio mungkin akan marah dengan pilihan itu," ucapnya.

Robertson memilih Salah atau Firmino sebagai target umpan utama karena keduanya sering berada di posisi yang tepat. Umpan biasa diberikannya jika sudah bisa mengecoh minimal satu pemain lawan. "Sungguh menakjubkan memiliki striker hebat di sana dan Anda tahu jika Anda mengumpan bola yang bagus, itu punya peluang jadi gol," tuturnya.

Robertson merasa masih bisa menyuplai bola lebih baik jika dirinya dan Jordan Henderson makin terkoordinasi. Ia mengakui pernah beberapa kali salah koordinasi dengan Henderson. "Gelandang kami suka memotong juga. Henderson selalu berlari di pos belakang dan saya mencoba menemukannya, saya belum cukup menguasainya tetapi saya dan dia sedang mengusahakan kerja sama," sebutnya.

Tercatat, Robertson sudah mencipta enam assist musim ini. Tak jauh beda dari Alexander-Arnold di angka delapan assists. Namun keduanya masih tertinggal dari pemain Manchester City Kevin de Bruyne dengan 12 assist.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA