Jumat 10 Jan 2020 00:00 WIB

Hadis Nabi Muhammad tentang Hari Jumat dan Keutamaannya

Hadis Nabi Muhammad menyebut soal hari Jumat dan keutamaannya.

Hadis Nabi Muhammad tentang Hari Jumat dan Keutamaannya. Foto: Shalat Jumat di Masjid Mevlana Konstanz
Foto: DW-WORLD
Hadis Nabi Muhammad tentang Hari Jumat dan Keutamaannya. Foto: Shalat Jumat di Masjid Mevlana Konstanz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, hari Juamt memiliki makna yang penting. Karena, hari Jumat juga disebut sebagai 'sayyidul ayyam' atau berarti tuannya semua hari. Sehingga, hari Jumat adalah hari yang istimewa dalam Islam.

Berikut adalah sejumlah hadis Nabi Muhammad tentang hari Jumat dan keutamaannya.

Baca Juga

"Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari dan yang paling agung di sisi Allah." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

"Ini (hari Jumat) adalah hari yang dijadikan Allah sebagai hari raya bagi kaum Muslimin." (HR Ibnu Majah dan ath-Thabrani)

“Tiada seorang Muslim yang mati di hari atau malam Jumat, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kubur." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

“Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun." (HR Tirmidzi dan Hakim)

“Barang siapa berwudhu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR Muslim)

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim)

“Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali." (HR Baihaqi)

*Hadis-hadis di atas dikutip dari pemberitaan di Republika.co.id dan nu.or.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement