Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Lebam di Bibir Lina yang Membuat Rizky Febian Curiga

Kamis 09 Jan 2020 18:08 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Indira Rezkisari

Selebriti sekaligus anak dari Komedian Sule, Rizky Febian (kanan) bersalaman dengan warga saat proses pembongkaran dan otopsi jenazah ibundanya, Lina Jubaedah di Tempat pemakaman keluarga Sekelimus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/1/2020).

Selebriti sekaligus anak dari Komedian Sule, Rizky Febian (kanan) bersalaman dengan warga saat proses pembongkaran dan otopsi jenazah ibundanya, Lina Jubaedah di Tempat pemakaman keluarga Sekelimus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/1/2020).

Foto: Antara/Novrian Arbi
Dari lebam di bibir Lina, Rizky merasa ada yang janggal di kematian ibunya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kuasa hukum Rizky Febian, Bahyuni Zaili, menjelaskan lebam di tubuh almarhum Lina Jubaedah yang akhirnya membawa dibuatnya laporan ke kepolisian. Rizky melihat ada warna ungu yang diduga sebagai lebam di sekitar mulut ibunya.

"Kalau dilihat (dari keterangan Rizky) di bibirnya tuh ada kaya warna ungu ya dari sini (menunjukkan mulut ke dagu)," kata Bahyuni di lokasi pembongkaran makam lina untuk autopsi, Jalan Sekelimus Utara, Kota Bandung, Kamis (9/1).

Namun, menurutnya putra pertama pernikahan Lina dengan komedian Sule yang akrab disapa Iky itu hanya melihat lebam di sekitar mulut. Sedangkan bagian lainnya, kata dia, telah dibungkus oleh kain kafan sehingga Iky tidak memberikan keterangan lain.

"Kan itu sudah terbungkus (kain kafan), Iky tidak melihat (lebam) yang lain," ucap Bahyuni.

Maka dari itu, menurutnya Iky berkesimpulan bahwa ada kejanggalan dalam kematian Lina. Kemudian pihak Iky melayangkan laporan dugaan kejanggalan tersebut ke Polrestabes Bandung pada Senin (6/1).

"Kita itu tidak tahu karena apa ya (lebam), makanya kita minta bantuan kepolisian, kemudian dilakukan autopsi," ujar dia.

Namun ia memastikan, baik dalam laporan tersebut maupun hingga proses autopsi selesai, pihaknya tidak menuduh siapapun sebagai penyebab adanya kejanggalan tersebut. "Dan yang paling penting kita belum menuduh siapa pun, biar ada kejelasan dan biar keluarga enak," katanya.

Selebihnya, kata dia, pihaknya menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengusut kepastian penyebab kematian Lina.

Sementara itu, Dokter Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih, Robert Tanjung mengatakan hasil dari proses autopsi itu bisa diketahui paling lama dalam dua pekan. Sampel autopsi akan dibawa oleh pihaknya untuk dianalisis di Puslabfor Polri. Dia tidak menjelaskan secara rinci apakah terdapat kejanggalan pada tubuh Lina usai autopsi.

Baca Juga

photo
Warga membawa jenazah Lina Jubaedah mantan istri komedia Sule, untuk dipindahkan usai proses autopsi di Tempat pemakaman keluarga Sekelimus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/1/2020).



"Nanti setelah hasil itu ada kita serahkan ke penyidik, nanti penyidiklah yang akan memutuskan," tutur Robert.

Saat ditemui di makam untuk autopsi ibunya, Rizky tidak berkomentar sama sekali. Ia keluar dari rumah terus berjalan menuju mobil mewahnya didampingi oleh asistennya. Ia hanya tersenyum dan sesekali menyapa warga yang ingin mengetahui sosok Rizky dan yang ingin swafoto. Rizky langsung memasuki mobil mewahnya pergi meninggalkan lokasi.

Usai autopsi, Lina dimakamkan kembali. Lokasinya makamnya pindah ke TPU Nagrog di Ujung Berung. Pemindahan makam tersebut sudah sesuai kesepakatan, anak-anak almarhum, ibu almarhum, dan Tedy suami Lina.

"Sudah ditandatangani (kesepakatannya)," kata Bahyuni di lokasi autopsi, pemakaman di Jalan Sekelimus Utara, Kota Bandung.

Menurut Bahyuni, pihak keluarga menginginkan untuk memindahkan makam karena alasan jarak dan kemudahan keluarga untuk berziarah.

"Di sana kan TPU, pemakamannya lebih rapi. Parkirnya luas. Kan biar enak kan gitu ya kalau mau ziarah. Lalu di sana juga ada makam ibu angkat dari Lina," kata Bahyuni.

Usai pemakaman, Rizky Febian, menjelaskan bahwa pemindahan makam mendiang ibunya dilakukan untuk memenuhi amanah dan permintaan dari sang ibu. Rizky tidak menjelaskan secara terperinci kapan amanah dan permintaan tersebut disampaikan oleh ibunya, yang meninggal dunia pada 4 Januari 2020.

"Yang terpenting akhirnya saya bisa melengkapi amanah dari Mamah untuk minta dipindahkan," kata Rizky.

Rizky juga meminta warga yang melayat mendoakan mendiang ibunya."Semoga Allah membukakan pintu surga," kata pelantun lagu "Kesempurnaan Cinta" tersebut.

Jenazah Lina dimakamkan sekitar pukul 14.20 WIB. Selain Rizky, pemakaman jenazah Lina dihadiri oleh Tedy.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA