Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Monday, 12 Jumadil Akhir 1442 / 25 January 2021

Kuburan Era Romawi Ditemukan di Inggris Barat Daya

Kamis 09 Jan 2020 12:37 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih

Kuburan (ilustrasi)

Kuburan (ilustrasi)

Foto: ksacc.com
Kuburan memperlihatkan kebiasaaan penguburan warga Inggris sebelum invasi Romawi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOMERSET -- Pemakaman era Romawi ditemukan di Inggris barat daya. Menurut sebuah laporan di The Guardian, seperti dilansir di laman Archaeology, Kamis (9/1), pemakaman kuno itu berisi jenazah dari sekitar 50 orang dewasa dan anak-anak.

Sebagian besar kuburan berusia 2.000 tahun itu dilapisi dan ditutup dengan lempengan batu lokal dengan cara yang menyerupai konstruksi atap lokal pada zamannya. Dalam satu kuburan, lempengan diposisikan untuk membuat struktur seperti tenda.

Sementara itu, posisi tengkorak seorang wanita di kuburan lain menunjukkan kepalanya telah diletakkan di atas bantal. Sedangkan kuku kecil yang ditemukan di kaki di banyak kuburan menunjukkan bahwa penghuninya telah dikubur dengan mengenakan sepatu boot dengan paku sepatu.

Selain itu, di situs tersebut juga ditemukan perhiasan, sebuah koin yang dicetak pada masa pemerintahan Kaisar Vespasian pada abad pertama Masehi, pegangan pisau tulang berukir, dan tembikar. Sementara salah satu pot berisi tulang sayap ayam.

Steve Membery dari South West Heritage Trust mengatakan, mereka yang meninggal selama periode Romawi mungkin tinggal dan bekerja di sebuah villa terdekat situs tersebut. Hal ini ia ungkapkan karena melihat kuburan yang lebih tua di lokasi pemakaman.

Kuburan tua itu memperlihatkan petunjuk tentang kebiasaaan penguburan warga Inggris setempat sebelum adanya invasi Romawi. Analisis sampel DNA dapat mengungkapkan apakah orang Inggris era Romawi mengadopsi kebiasaan penguburan Romawi, atau jika orang-orang yang terkubur di kuburan Romawi berasal dari tempat lain.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA