Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

7 Cara Merawat Motor Agar Tetap Awet Saat Musim Hujan 

Jumat 10 Jan 2020 00:27 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: suzuki.co.id

Foto: suzuki.co.id

Motor bisa saja menjadi rusak bila motor terkena air hujan atau banjir.

CEKNRICEK.COM -- Saat hujan">musim hujan selain menjaga kesehatan tubuh, ada hal yang harus diperhatikan. Tak hanya pakaian, sepatu, tas, payung dan jas hujan, tapi perawatan kendaraan bermotor juga tidak kalah pentingnya. 

Merawat motor saat musim hujan juga perlu, karena Anda pasti tidak mau kan mengendarai motor kotor dan tidak terawat? Apalagi bila motor Anda sering terkena air atau bahkan terendam banjir saat hujan. 

Berikut cara merawat motor Anda agar tetap awet dan mesinnya tetap dalam kondisi prima ketika dipakai. 

Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Foto: suzuki.co.id

Ini hal wajib yang harus dilakukan sebelum berkendara naik motor, tetapi tak sedikit orang yang sering mengabaikannya. Di musim hujan ini pasti kondisi udara jadi semakin dingin, maka dengan memanaskan mesin motor cara yang tidak boleh Anda lupakan. Jika mesinnya tidak dipanaskan, ada kemungkinan membuatnya jadi lembab.

Pastikan Angin Ban Terisi

Foto: suzuki.co.id

Semakin sedikit tekanan ban, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan jalanan semakin banyak sehingga membuat tarikan motor jadi lebih berat dan mempercepat proses penipisan ban. Apalagi motor Anda harus menerobos jalanan yang digenangi air. Jika angin di dalam ban tidak maksimal, maka bannya bisa cepat rusak.

Cek Oli Setelah Terjebak Banjir

Foto: suzuki.co.id

Di beberapa daerah di Indonesia dan Jakarta terjadi banjir, malah sampai motor terendam air yang cukup tinggi. Ketika motor Anda tergenang banjir, segera periksa oli mesinnya saat sampai di rumah. Lihat apakah ada perubahan warna. Jika iya, sebaiknya segera ganti oli di dalam mesin motor Anda.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Menyenangkan Rayakan Malam Tahun Baru di Rumah

Periksa Bagian Filter Udara

Foto: suzuki.co.id

Para pemilik motor pasti tahu kalau filter udara di motor harus selalu dalam kondisi kering dan tidak boleh basah. Kalau kena air hujan tentu akan jadi bahaya. Di musim hujan ini baiknya rutinlah periksa bagian filter udara motor Anda. Supaya tetap aman saat berkendara. 

Bersihkan Knalpot

Foto: suzuki.co.id

Jangan lupa periksa kondisi knalpot motor Anda. Kalau ada air atau kotoran yang menempel di bagian dalam atau lehernya, sebaiknya segera bersihkan. Anda pasti tahu bukan cara membersihkan knalpot sendiri? Kalau tidak tahu sebaiknya bawa ke bengkel supaya hasilnya maksimal. 

Bersihkan dan Keringkan Kanvas

Foto: suzuki.co.id

Asbes biasanya jadi bahan utama kanvas rem motor. Kalau bagian itu terkena air, maka akan menggembung dan mengeras ketika kering dengan sendirinya. Setelah motor terkena hujan atau terendam banjir, baiknya Anda injak pedal rem supaya kanvas cepat kering dan tidak keras ketika rem diinjak. 

Begitu juga dengan bagian rem cakram. Posisi bagian ini sangat terbuka dan mudah dimasuki kotoran dan air, kalau didiamkan bisa membuat rem jadi tidak maksimal. Jadi, segera cek dan bersihkan. 

Rutin Mencuci Motor

Foto: suzuki.co.id

Motor bisa saja menjadi rusak bila motor terkena air hujan atau banjir yang membuatnya jadi kotor. Pikiran kalau motor akan kotor lagi saat kena hujan atau banjir setelah dicuci sebaiknya dihilangkan. Lebih baik Anda buang air sedikit daripada merelakan motor Anda rusak secara perlahan-lahan. Anda tentu tahu bukan kalau air hujan mengandung asam yang bisa mempercepat proses korosi pada beberapa bagian utama motor.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA